544 Madya Praja IPDN Laksanakan Praktek Lapangan II di 30 Desa Wilayah Kabupaten Sumedang

SUMEDANG, eljabar.com — Sebanyak 544 orang Madya Praja IPDN akan melaksanakan Praktek Lapangan II di 6 Kecamatan, pada 30 Desa, dalam wilayah Kabupaten Sumedang, yang akan berlangsung selama 21 hari dimulai dari tanggal 9 April sampai dengan 29 April 2019.

Dengan berpedoman kepada tahapan pembinaan pengembangan, Praktek Lapangan bagi satuan Madya Praja atau disebut Praktek Lapangan II dilaksanakan dengan tahapan pengembangan penghayatan nilai keterampilan yang berhubungan program Tridharma perguruan tinggi yaitu dharma pengabdian kepada masyarakat.

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir memberikan sambutan pada Upacara pembukaan Praktek Lapangan II Madya Praja Angkatan  XVIII di Kabupaten Sumedang, bertempat di Alun-alun Sumedang, Selasa (09/04/2019).

544 Madya Praja IPDN Laksanakan Praktek Lapangan II di 30 Desa Wilayah Kabupaten Sumedang (2)Dalam sambutannya Bupati mengatakan sesuai dengan Tri Darma IPDN yaitu meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, maka pemanfaatan dan penerapan hasil pendidikan di IPDN untuk kepentingan masyarakat merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan oleh seluruh civitas akademika termasuk Praja Muda.

“Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh civitas akademika sangatlah penting dalam kaitannya dengan upaya untuk memajukan daerah dan masyarakat pada umumnya. Praktek Lapangan pada saat ini telah dikembangkan menjadi wahana penerapan ilmu dan teknologi untuk membantu dan mendampingi masyarakat untuk melakukan pemberdayaan menuju kehidupan yang lebih baik,” ungkapnya.

Menurut Bupati lembaga akademis memiliki peranan penting dalam pembangunan melalui Tridharma IPDN, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Kami mengharapkan kerjasama yang akan dilaksanakan dapat memberikan hasil yang signifikan dalam pembangunan Kabupaten sumedang ke depan, sehingga dapat memberikan kontribusi positif terhadap pencapaian visi dan misi Pemerintah Kabupaten Sumedang. Untuk itu kami berikan penghargaan yang setinggi-tingginya terhadap civitas IPDN yang telah memberikan perhatian terhadap pembangunan di Sumedang melalui kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan nanti” paparnya.

Bupati juga berharap kepada para Madya Praja untuk dapat menjalin kerjasama dan menyebarkan ilmu yang dimiliki kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan Dharma Bhakti yang saudara-saudara berikan untuk kemajuan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat Sumedang berjalan dengan lancar dan sukses” tukasnya.

Sementara itu Taslim Djafar, selaku Kepala Satuan Latihan Kerja, dalam laporannya mengatakan maksud dilaksanakannya Praktek Lapangan (PL) II tersebut adalah sebagai wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi, khususnya dharma pengabdian pada masyarakat.

“Agar setiap praja mengenal, mengetahui, dan mampu membantu berbagai aktivitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan pada lokasi PL II sesuai program dan kegiatan Pemerintah Daerah maupun IPDN” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut dilakukan pula penandatanganan naskah berita acara serah terima peserta praktek lapangam oleh Wakil Rektor IPDN dan Bupati Sumedang, serta penandatanganan nota kesepakatan MoU antara IPDN dan Pemerintah Kabupaten Sumedang. (Abas)

Categories: Pemerintahan

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com