Raden Cuna Kembangkan Sektor Agro Wisata di Jatiroke Sumedang

SUMEDANG, eljabar.com — Kepala Desa (Kades) Jatiroke, Cuna yang kerap dipanggil Raden Cuna Dinata mengakui, dalam rangka mendukung program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang yakni, Sumedang Simpati, pihaknya memiliki beberapa program desa yang dinilai perlu direalisasikan dengan optimal.

“Salahsatunya, kami menginginkan serta mengembangkan khususnya di sektor agrowisata,” ujar Cuna kepada wartawan, Selasa (23/04/2019).

Namun demikian, sambung Cuna, dalam pengembangan agro wisata di Desa Jatiroke tidak harus menggunakan anggaran dari Dana Desan (DD) ataupun Alokasi Dana Desa (ADD).

“Kami memiliki lahan carik desa seluas 11 hektar yang dinilai perlu dimanfaatkan sebagai lahan untuk pengembangan perekonomian di Desa Jatiroke khususnya dibidang agro wisata,” terangnya.

Meski demikian, imbuh Cuna, dalam realisasinya tidak akan menggunakan anggaran dari DD dan ADD.

“Olehsebab itu, kami harapkan dari beberapa pihak terkait dapat memberikan bantuan pada kami untuk terwujudnya agro wisata di desa Jatiroke,” katanya.

Tak hanya itu, kata Cuna, sebagian dari lahan carik desa tersebut ingin digunakan untuk agro wisata.

“Sebab, jika ini terwujud akan menjadi solusi persoalan pengangguran yang ada di Jatiroke terlebih dapat menjaddi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan sebagai upaya dalam membangun ekonomi kerakyatan,” tandasnya. (Abas)

Categories: Regional

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com