Hari Kartini 2019, Polwan Polres Sumedang Goes to School ke SMPN 5

SUMEDANG, eljabar.com — Polisi Wanita atau Polwan Polres Sumedang melaksanakan Goes to School ke SMPN 5 Sumedang dalam rangka peringati Hari Kartini tahun 2019, Senin 29 April 2019. Kehadiran Polwan ini juga bertepatan dengan upacara hari Senin di sekolah. Polwan Polres Sumedang lantas bertindak sebagai inspektur upacara, yaitu Pakor Polwan IPDA Icih Marlianingsih.

Usai upacara, Ipda Icih mengatakan, rangkaian kegiatan peringatan Hari Kartini Polwan Polres Sumedang, sebelumnya sudah dilaksanakan Minggu 28 April 2019 kemarin di Alun-alun Sumedang dengan kegiatan memberikan pelayanan kesling  (kesehatan keliling) dan samling (samsat keliling) kepada masyarakat yang sedang berkunjung.

“Rangakain kegiatan selanjutnya, yaitu melaksanakan sosialisasi penyuluhan kepada siswa-siswi sekolah SMPN 5 dengan pemberian materi dari perwakilan anggota Polwan Polres Sumedang. Adapun poin yang disampaikan yaitu Hoaxs, Bullyng dan PPA (perlindungan perempuan dan anak), serta pelopor keselamatan berlalu lintas dengan pemateri oleh Bripka Endah (Humas), Brigadir Ari (PPA reskrim) dan Bripda Sridevi (Dikyasa Sat Lantas),” paparnya.

Pembahasan Hoaks

Dalam pembahasan hoaks, katanya, kepolisian mengajak untuk tidak menyebarkan berita kebohongan sebelum memastikan kebenarannya dan cek keaslian poto maupun video.

“Jadi jangan teburu-buru share berita yang belum jelas kebenaranya serta berhati-hati dengan judul pengantar yang bersifat provokatif,” ujar Icih.

Untuk pembahasan bullying, tambahnya, yaitu mengajak untuk tidak membuli atau menyudutkan seseorang baik yang disebarkan di media sosial karena bisa terjerat UU ITE. “Dan tambahan membahas perlindungan perempuan dan anak serta pencabulan terhadap anak dibawah umur,” katanya.

Sedangkan Bripka Endah yang memberikan materi tentang lalu lintas menyebutkan, pembahasan edukasi lantas sejak dini ialah menjabarkan Pasal 281 ayat (1) tidak mempunyai SIM bisa dikenakan sanksi.

“Kemudian mengajak kepada siswa-siswi supaya mentaati peraturan lalu lintas dengan tidak melanggarnya dan jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas,” kata Endah.

Pada akhir acara, dilakukan pemberian cinderamata dari Polwan Polres Sumedang kepada SMPN 5 yang diterima oleh Kepala Sekolah, Mulyawan Sarip Hidayat. (Abas)

Categories: Pendidikan