Oded Resmikan Bank Sampah Galaxy

BANDUNG, eljabar.com — Wali Kota Bandung, Oded M. Danial meresmikan Bank Sampah Galaxy RW 07 Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung, Minggu (28/4/2019). Bank sampah ini semakin mendekatkan warga dengan pelayanan sampah di Kelurahan Sekejati.

Menurut Oded, hadirnya bank sampah akan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat. Di samping memilah dan memilih, sampah juga menghasilkan nilai ekonomi bagi masyarakat.

“Ini mampu menambahkan semangat masyarakat. Selain bersih lingkungan, juga kita bisa hasilkan nilai ekonomi dari sampah,” kata Oded.

Oded mengatakan, hadirnya bank sampah mendukung program Pemkot Bandung yaitu Kurangi Pisahkan dan Manfaatkan (Kang Pisman). Hadirnya bank sampah merangsang warga untuk erlibat dala program Kang Pisman.

“Lebih bagus sampah itu dikelola dari sumbernya langsung. Seperti dari rumah atau tiap RW. Ini lebih baik agar sampah yang dibuang sedikit bahkan tidak ada satu pun,” harapnya.

“Masyarakat bukan hanya mampu selesaikan masalah sampah saja, tetapi menjadi budaya yang mampu diterapkan di setiap lingkungan,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Bank Sampah Galaxy RW 07, Eli Sufianti mengatakan, bank sampah yang terbentuk 8 Minggu lalu itu bisa membantu masyarakat untuk membiasakan hidup bersih.

“Dengan memilah dan memilih sampah maka akan terbentuk budaya yang baik. Kita lebih peduli terhadap lingkungan,” ujarnya.

Meski baru memiliki 20 nasabah, masyarakat mulai mengapresiasi Bank Sampah Galaxy RW 07. Karena hadirnya bank sampah menjadi wadah bagi masyarakat untuk mengumpulkan sampah yang bernilai ekonomi.

“Alhamdulillah di sini, khususnya ibu-ibu mendudukung hadirnya bank sampah. Tiap rumah mengumpulkan sampah, sehingga mereka senang jika budaya ini mampu hadirkan nilai ekonomi,” katanya.

“Menumbuhkan lingkungan agar nyaman itu sulit, karena berkaitan dengan pola pikir dan kebiasaan. Mudah-mudahan hadirnya bank sampah, tinggal berusaha dan mengamalkan untuk lingkungan yang lebih baik,” harapnya. *red

Categories: Pemerintahan