Hardiknas 2019: Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan

SUMEDANG, eljabar.com — Hari Pendidikan Nasional ditetapkan setiap tanggal 2 Mei. Tanggal tersebut merupakan tanggal lahir dari Ki Hadjar Dewantara yang merupakan pahlawan yang berjasa besar dalam dunia pendidikan di Indonesia. Dan seluruh masyarakat Indonesia merayakan sebuah hari istimewa tersebut terutama bagi dunia pendidikan.

Kamis, (02/05/2019) Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2019 bertempat di Alun-Alun Sumedang.

Dalam Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy, yang dibacakan Bupati Sumedang mengatakan pemerintah saat ini mulai bergeser dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan sumber daya manusia. Disini kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan menemukan urgensinya.

“Terkait dengan itulah, tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 adalah ‘Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan’ tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan,” ujarnya.

Dikatakan Bupati lebih lanjut, hadirnya revolusi industri 4.0 telah mempengaruhi cara hidup, bekerja dan belajar, cara berpikir, berprilaku para peserta didik di tengah perubahan global yang bergerak cepat.

“Saat ini peserta didik kita didominasi generasi Z yang terlahir di era digital dan pesatna teknologi, hal ini bisa dimanfaatkan oleh sekolah dan para guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital budaya Indonesia,” ungkapnya.

Bupati berharap melalui momentum Hari Pendidikan Nasional ini marilah konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pada pembangunan sumberdaya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, berketerampilan dan kecakapan yang tinggi sehingga mampu menjawab tantangan zaman yang semakin kompetitif.

“Saya menyampaikan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para insan pendidikan dan kebudayaan di seluruh penjuru negeri yang telah menyalakan mimpi, memberikan inspirasi, membuka jalan terang masa depan anak Indonesia agar menjadi manusia cerdas berkarakter kuat dan memberikan manfaat bagi sekitarnya,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Sumedang menyerahkan berbagai perhargaan diantaranya Penyerahan Peringkat Evaluasi dan Penilaian Sinergitas Kinerja Kecamatan dan Kelurahan, Penyerahan Piagam Penghargaan Sumedang Carnaval HJS ke 441 dan penghargaan lainnya. (Abas)

Categories: Pendidikan

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com