Bagi Kesejahteraan Umat, Pengumpulan Zakat di Sumedang Lampaui Target

SUMEDANG, eljabar.com — Baznas Kabupaten Sumedang memberikan bantuan dana operasional sebesar Rp. 52.000.000,- kepada para UPZ Kecamatan se-Kabupaten Sumedang.

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir didampingi Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan menyerahkan secara langsung bantuan tersebut pada saat bersilaturahmi sekaligus halal bihalal dengan pengurus Baznas dan UPZ Dinas /Instansi serta UPZ Kecamatan se-Kabupaten Sumedang bertempat di Kantor Baznas Kabupaten Sumedang, Rabu (19/06/2019).

Ketua Baznas Kabupaten Sumedang H. Ali Bazri mengatakan sumber dana yang disalurkan selama bulan Ramadhan 1440 H bersumber dari dana zakat Fitrah ASN, Zakat Mal, Infaq dan sedekah.

“Sebesar Rp. 2.700.000.000 dana bantuan tersebut disalurkan kepada 3.849 penerima manfaat,” ujarnya.

Dikatakan Ali lebih lanjut, jumlah penerimaan zakat fitrah tahun 2019 sebesar Rp. 25,8 Miliar angka tersebut melampaui target Rencana Kegiatan dan Anggaran Tahunan (RKAT) sebesar Rp. 23,5 Milyar dan untuk Zakat Fitrah ASN terkumpul Rp. 44.921.400 sedangkan untuk infaq/sedekah Rp. 597.911.400 terhimpun dari Dinas Intansi, kecamatan, BUMD, Lembaga pemerintah Non Struktural dan Perseroan Terbatas.

“Mudah-mudahan kegiatan halal bihalal ini mampu mempererat silaturahmi antar berbagai pihak yang terkait dengan pengelolaan zakat sehingga mampu bersinergi dan bekerjasama dengan baik dalam mewujudkan pertumbuhan zakat yang bermanfaat bagi kesejahteraan umat,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati mengatakan UPZ merupakan ujung tombak di bidang pengumpulan zakat, karena meningkatnya program pemberdayaan zakat dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan umat.

“Pada kesempatan halal bihalal ini saya menghimbau agar para pengurus UPZ bisa meningkatkan kewajiban membayar zakat dalam rangka mengurangi angka kemiskinan demi tercapainya Kabupaten Sumedang yang Sejahtera, Agamis, Maju, Profesional dan Kreatif,” pungkasnya. (Abas)

Categories: Pemerintahan

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com