GARSEL SIAP JADI DOB Rakyat Perlu Segera Diajak Rembukan

GARUT, elJabar.com – Wacana pembentukan daerah otonom baru (DOB) Garut Selatan sudah berjalan sejak 2004 silam. Sejumlah tokoh dan aktivis yang memperjuangkan agar terbentuknya Kabupaten Garut Selatan sebagai daerah otonom, patut berbangga hati. Pasalnya setelah 2014 ada penundaan atas DOB untuk sejumlah daerah, kini perjuangan tersebut masuk dalam salah satu program prioritas Pemprov Jabar, sebagai janji politik dari Gubernur Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum.
Bahkan bersama DOB Sukabumi Utara dan Bogor Barat, rencana Kabupaten Garut Selatan sudah masuk dalam Program Legislasi Nasional 2019 di DPR RI.
Menyoroti wacana tersebut, Irwan Nirwana, aktivis yang juga tokoh pemuda asal Garut Selatan, menyambut positif atas program Pemprov Jabar untuk segera merealisasikan daerah otonom baru Kabupaten Garut Selatan.
Irwan menilai, percepatan realisasi Kabupaten Garut Selatan ini akan memberi dampak positif bagi masyarakat, khususnya di wilayah Garut Selatan. Percepatan pemerataan pembangunan akan semakin cepat tercipta dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.
Namun, Irwan mengingatkan agar wacana program percepatan DOB Garut Selatan ini, juga harus segera adanya rembukan kelompok masyarakat, untuk membicarakan agenda-agenda pembangunan kedepannya, pasca terbentuknya kabupeten Garut Selatan.
“Akan lebih baik jika secepatnya di pisah. Dengan syarat, rembuk kelompok masyarakat harus disegerakan, untuk membicarakan agenda-agenda pembangunan kedepan yang lebih baik,” ujar Irwan, kepada elJabar.com, Senin (17/6).
Sosialisasi pun menurut Irwan, bukan hanay dilingkaran elit saja. Tapi harus menyeluruh sampai lapisan masyarakat bawah. Sehingga masyarakat akan paham manfaat dari daerah otonom baru, serta kesiapan masyarakat dalam menghadapi dinamika sebagai daerah otonom baru.
“Harus ada sosialisasi menyeluruh mengenai agenda-agenda tersebut, serta manfaat-manfaatnya. Sehingga masyarakat siap menghadapi dinamika sebagai kabupaten baru,” jeals Irwan.
Sementara itu, menyoal masalah potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia wilayah Garut Selatan, menurut Irwan, sangat potensial. Bahkan dari SDM yang sudah cukup maju, Irwan menekankan agar pembangunan SDM kedepan lebih diprioritaskan lagi. Sehingga dengan keunggulan SDM-nya, Garut Selatan bisa mengelola SDA yang ada dan lebih cepat maju, ketimbang daerah lainnya.
“SDA dan SDM potensial banget. Dan SDM harus menjadi prioritas utama dalam pemajuan daerah,” tandasnya.
Setiap ada daerah otonomi baru, tentu tidak lepas dari sikap-sikap para oknum politisi yang memanfaatkan kondisi politik, dengan akrobat pragmatisnya. Itupun tidak dipungkiri Irwan. Sehingga Irwan pun mengajak agar semua pihak tulus dalam membangun daerah dan lebih mengutamakan kepentingan rakyat.
“Utamakan kepentingan rakyat. Beraktivitaslah dengan tulus untuk rakyat. Berkompetisilah dengan sehat dan beradab,” pungkasnya. (MI)

Categories: Regional

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com