Demi Lancarnya Program, Pemkab Sumedang Gelar Rakor Pengelola Informasi dan Dokumentasi

SUMEDANG, eljabar.com — Dalam Rangka Optimalisasi Peran PPID, Lapor SP4N dan Layanan Sumedang Simpati Quick Respon (SSQR) di Kabupaten Sumedang, Pemerintah Kabupaten Sumedang Melalui Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan Rakor Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi, Lapor-SPO4N dan SSQR Kabupaten Sumedang Tahun 2019 bertempat di Gedung Negara.

Selasa (25/06/2019), Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan membuka secara langsung kegiatan Rakor tersebut dan diikuti oleh para Pejabat PPID pembantu di tiap SKPD dan Kecamatan serta para Administrator Lapor se-Kabupaten Sumedang.

Wabup mengatakan pemerintah Daerah selaku penanggung jawab penyelenggara informasi Publik di Kabupaten telah berkomitmen untuk menjalankan dan memenuhi ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam Undang-undang keterbukaan informasi publik dengan sebaik-baiknya sehingga dapat menjamin masyarakat mendapatkan informasi sesuai dengan haknya.

“Namun demikian, kita perlu untuk memilah dan mengkaji informasi yang dapat dikecualikan, oleh karena itu dengan terbentuknya PPID di Kabupaten Sumedang diharapkan dapat terciptanya Badan Publik yang transparan, akuntabel, dan tersedianya akses informasi publik bagi pemohon informasi,” ungkapnya.

Dikatakan Wabup lebih lanjut, Rakor tersebut merupakan suatu hal yang sangat penting terhadap kelancaran program kegiatan yang akan dilaksanakan. Tujuannya adalah agar lebih berintegrasi, bersinergi, efektif serta berkesinambungan.

Wabup berharap kegiatan ini mampu menjadi bahan evaluasi terhadap program yang telah ditempuh selama ini dan menyempurnakan rencana program kegiatan dengan baik, serta dapat memberikan dampak positif melalui penguatan peran dan fungsi sebagai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi.

“Saya menghimbau seluruh SKPD dan Kecamatan yang ada di Kabupaten Sumedang, agar dapat melengkapi medsos yang belum lengkap pada saat launching Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Sumedang, yang akan diresmikan pada Minggu ke 3 tiga bulan Juli tahun 2019,” tukasnya.

Sementara itu Asep Tatang Sujana selaku ketua panitia penyelenggara mengatakan maksud dari dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk memberikan pengetahuan komprehensif terhadap esensi UU KIP dan kebijakan yang diterbitkan dalam pembentukan PPID, Lapor SP4N, dan SSQR di Kabupaten Sumedang.

“Selain itu kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mewujudkan pelayanan cepat, tepat dan kerjasama di era 4.0 dari setiap badan publik sesuai dengan petunjuk teknis masing-masing standar layanan informasi publik serta memberikan gambaran yang memadai, fasilitas yang dibutuhkan dalam pelayanan publik PPID, Lapor SP4N dan SSQR,” pungkasnya.

Pada Kesempatan dilakukan Penandatanganan Komitmen Peserta dalam Kegiatan Optimalisasi Peran PPID melalui Rakor dan Evaluasi Penyelenggaraan Layanan PPID, Lapor SP4N dan SSQR oleh Kabag Humas dan Protokol dan 3 orang perwakilan peserta Rakor tersebut. (Abas)

Categories: Pemerintahan