Erwan: IKYEP Bawa Kabupaten Sumedang di Kancah Internasional

SUMEDANG, eljabar.com — Peserta Pertukaran Pemuda Indonesia Korea (PPIKor) atau Indonesia Korea Youth Exchange Program (IKYEP) telah tiba di Sumedang, Kamis (27/06/2019).

Kedatangan peserta pertukaran pemuda yang menjadi ajang untuk mempererat hubungan bilateral antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Korea ini disambut oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang di Gedung Negara dan dihadiri oleh  Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan, didampingi para Kepala SKPD.

Tarian Srikandi dipersembahkan untuk menyambut kedatangan peserta yang terdiri dari 20 orang delegasi dan didampingi oleh seorang head delegation, yaitu Mr. Choi Yohhan.

Erwan IKYEP Bawa Kabupaten Sumedang di Kancah Internasional (2)Para Kepala SKPD hadir di Gedung Negara yang setelah acara penyambutan kali ini, akan menjadi orang tua asuh peserta pertukaran pemuda selama 3 hari di Sumedang.

Sebelumnya, Kabupaten Sumedang di tunjuk oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebagai tuan rumah Pertukaran Pemuda Indonesia dan Korea untuk meningkatkan kualitas dan wawasan pemuda kedua negara melalui rangkaian kegiatan di kedua negara.

Erwan menyambut baik kedatangan para peserta dan berharap kedatangan pemuda dari negara korea ini akan menjadi sarana aspirasi masyarakat untuk meningkatkan kualitas  Sumedang menuju lebih baik dan mampu memperkenalkan Kabupaten Sumedang di kancah Internasional.

“Kami merasa memperoleh kehormatan dengan adanya kunjungan pada hari ini, semoga kami dapat berbagi informasi dan pengalaman serta dapat dimanfaatkan sebagai sarana dialog aspiratif dan menjalin komunikasi timbal balik mengenai situasi, kondisi, potensi, permasalahan, berbagai kebutuhan dan aspirasi masyarakat. Nanti para peserta akan didampingi oleh orang tua asuh yang dalam hal ini adalah para kepala SKPD,” ungkapnya.

Apresiasi yang tinggi serta ucapan terimakasih diberikan kepada pemerintah kab. Sumedang oleh Asisten Deputi Kemetrian Pemuda dan Olahraga Drs. Wisler Manalu, MM,   karena telah bersedia menerima dan menjadi tuan rumah pertukaran pelajar Indonesia korea yang sudah berlangsung selama 10 tahun ini.

“Secara umum kegiatan yang akan diselenggarakan di kedua negara adalah, orientasi, kunjungan kehormatan, kunjungan instansi, diskusi, pertunjukan kebudayaan, dan kegiatan-kegiatan lainnya,” ucapnya.

Kegiatan penyambutan ini juga diisi dengan acara pemberian penghargaan secara simbolis kepada Pemerintah Kabupaten Sumedang, acara foto bersama, penampilan tarian khas Sumedang yaitu tarawangsa serta ditutup dengan acara makan siang bersama. (Abas)

Categories: Pemerintahan