Musda Ke-IX MUI: Islam Wasatiyah untuk Kabupaten Sumedang yang Berkemajuan

SUMEDANG, eljabar.com — Kamis (27/06/2019), Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan membuka acara MUSDA ke IX Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Sumedang bertempat di Aula Wisma Haji PUSDAI Sumedang.

Acara yang mengambil tema “Islam Wasatiyah Untuk Kabupaten Sumedang yang Berkemajuan” tersebut dihadiri oleh Ketua MUI Kabupaten Sumedang beserta jajaran, Ketua Baznas Kabupaten Sumedang, Kabag Kesra Kab para alim ulama, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Wabup mengatakan peran MUI di Kabupaten Sumedang tentunya banyak mewarnai roda pembangunan di Kabupaten Sumedang.

“Saya berharap MUI Kabupaten Sumedang dapat terus bersama-sama berpartisipasi dalam upaya mendorong pelaksanaan pembangunan untuk memakmurkan kehidupan masyarakat khususnya di Kabupaten Sumedang,” ujarnya.

Musda Ke-IX MUI, Islam Wasatiyah Untuk Kabupaten Sumedang yang Berkemajuan (1)Dikatakan Wabup lebih lanjut, organisasi keagamaan mempunyai kekuatan tersendiri di dalam masyarakat. Demikian halnya dengan MUI (Majelis Ulama Indonesia) yang didukung oleh tingkat religiusitas masyarakat yang cukup tinggi dan diperkuat oleh kuantitas anggotanya yang cukup besar.

“MUI sangat memahami dan selalu bersama-sama dengan pemerintah daerah dalam pelaksanaan pembangunn yang dilakukan untuk kemajuan Kabupaten Sumedang, untuk itu saya harapkan dukungan dari MUI dalam mengisi pembangunan di Kabupaten Sumedang,” katanya.

Sementara itu Ketua MUI Kabupaten Sumedang Drs. H. Abdul Muin mengatakan tujuan dilaksanakannya Musda IX ini untuk menegaskan kewenangan musyawarah daerah dalam memilih pengurus, menetapkan kebijakan, dan menyusun program kerja.

“Maka yang diperlukan sekarang ini adalah sejauhmana kita mampu meluruskan kebijakan-kebijakan yang tepat dan bersifat problem solving, tidak hanya sekedar menyusun daftar keinginan seperti kebiasaan kita selama ini,” ungkapnya.

Dihari yang sama, Wakil Bupati Sumedang didampingi Ketua Baznas Kabupaten Sumedang memberikan bantuan berupa sembako dan pembuatan MCK, kepada salah seorang warga kurang mampu yang menderita penyakit stroke di Dusun Panjunan Rt 04 Rw 04 Kelurahan kota kulon bernama Totong Rusmana (53).

Wabup berharap Pemerintah Kabupaten Sumedang dapat terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat serta berupaya membantu dan memperhatikan masyarakat Kabupaten Sumedang yang masih berada di Garis kemiskinan.

“Dalam hal ini pemerintah tidak akan tinggal diam untuk terus membantu masyarakat yang kurang mampu. Saya harap aparat pemerintah dalam hal ini RT/RW setempat dapat berperan aktif untuk selalu membantu segala keluhan warga,” pungkasnya. (Abas)

Categories: Pemerintahan