Peserta IKYEP Kunjungi Kecamatan Pamulihan Tempat Sentra Wisata Perkebunan Ubi Cilembu

SUMEDANG, eljabar.com — Kecamatan Pamulihan tepatnya sentra wisata perkebunan Ubi Cilembu Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan dikunjungi puluhan pelajar dari Korea, Aceh, dan beberapa daerah di Provinsi di Indonesia.

Kedatangan pelajar itu dalam rangka pertukaran pelajar yang difasilitasi Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan Pemda Sumedang.
Camat Pamulihan Hari Tri Santosa mengatakan Pemerintah Kecamatan sangat menyambut baik kedatangan pelajar dari berbagai daerah di Indonesia termasuk pemerintah Korea. Sebab bisa mengenalkan produk asli Pamulihan dan panorama Kabupaten Sumedang.

“Alhamdulillah kami sambut mereka dengan baik. Dan alhamdulillah respon para pelajar juga sangat menikmati ini. Mereka dengan canda tawa sambil memetik langsung ubi cilembu dan memanggangnya,” katanya.

Peserta IKYEP Kunjungi Kecamatan Pamulihan Tempat Sentra Wisata Pekebunan Ubi CilembuMenurut Camat, pertukaran pelajar itu selain menambah edukasi kepada pelajar juga bisa mengenalkan Indonesia ke pelajar dari luar negeri. Sehingga potensi alam dan kuliner Indonesia dapat dipromosikan oleh mereka ke negaranya.

“Secara ekonomi dapat mendongkrak okupansi jumlah wisatawan asing ke Indonesia. Semoga program ini berkelanjutan dan dapat menghasilkan sesuatu yang positif,” katanya.

Sebelumnya diberitakan Peserta Pertukaran Pemuda Indonesia Korea (PPIKor) atau Indonesia Korea Youth Exchange Program (IKYEP) telah tiba di Sumedang, Kamis (27/6/2019).

Kedatangan peserta pertukaran pemuda yang menjadi ajang untuk mempererat hubungan bilateral antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Korea ini disambut oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang di Gedung Negara dan dihadiri Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan, didampingi para Kepala SKPD.

Para Kepala SKPD hadir di Gedung Negara yang setelah acara penyambutan kali ini, akan menjadi orang tua asuh peserta pertukaran pemuda selama 3 hari di Sumedang.

Sebelumnya, Kabupaten Sumedang ditunjuk oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebagai tuan rumah Pertukaran Pemuda Indonesia dan Korea untuk meningkatkan kualitas dan wawasan pemuda kedua negara melalui rangkaian kegiatan di kedua negara.

Erwan menyambut baik kedatangan para peserta dan berharap kedatangan pemuda dari negara korea ini akan menjadi sarana aspirasi masyarakat untuk meningkatkan kualitas Sumedang menuju lebih baik dan mampu memperkenalkan kabupaten Sumedang di kancah Internasional.

“Kami merasa memperoleh kehormatan dengan adanya kunjungan pada hari ini, semoga kami dapat berbagi informasi dan pengalaman serta dapat dimanfaatkan sebagai sarana dialog aspiratif dan menjalin komunikasi timbal balik mengenai situasi, kondisi, potensi, permasalahan, berbagai kebutuhan dan aspirasi masyarakat. Nanti para peserta akan didampingi oleh orang tua asuh yang dalam hal ini adalah para kepala SKPD,” ungkapnya.

Apresiasi yang tinggi serta ucapan terimakasih diberikan kepada pemerintah Kabupaten Sumedang oleh Asisten Deputi Kemetrian Pemuda dan Olahraga Drs. Wisler Manalu, MM, karena telah bersedia menerima dan menjadi tuan rumah pertukaran pelajar indonesia korea yang sudah berlangsung selama 10 tahun ini.

“Secara umum kegiatan yang akan diselenggarakan di kedua negara adalah, orientasi, kunjungan kehormatan, kunjungan instansi, diskusi, pertunjukan kebudayaan, dan kegiatan-kegiatan lainnya,” ucapnya. (Abas)

Categories: Pendidikan

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com