Sosialisasi TMMD di Sumedang, Kodim 0610 Gelar Lomba Karya Jurnalistik

SUMEDANG, eljabar.com — Dandim 0610 Sumedang, Letkol Arh Novianto Firmansyah menyampaikan guna memperbesar publikasi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 tahun 2019 yang dilaksanakan di Dusun Jeungjing Desa Padanaan Kec. Paseh Kab. Sumedang dan rencananya akan dibuka oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) pada, Rabu (9/7/2019) mendatang. Pihaknya mengajak sejumlah awak media elektronik, cetak dan online untuk mengikuti lomba karya jurnalistik yang berkenaan dengan TMMD.

“Lomba jurnalistik dikaitkan sesuai dengan tema yakni, Bersama TMMD, Membangun untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat,” terangnya kepada wartawan di Makodim 0610 Sumedang, Jum’at (05/07/2019).

“Bagi peserta lomba, dapat mengirimkan hasil karya jurnalistik yang telah dimuat di media cetak dan online, baik dalam bentuk tajuk, feature, berita, hasil wawancara dan hasil karya jurnalistik lainnya ke Kodim setempat 0610 Sumedang. Bisa juga dikirim langsung ke panitia lomba karya jurnalistik TMMD melalui email, lkj_cetak@tniad.mil.id dan lkj_online@tniad.mil.id dengan menyertakan nama, alamat, media dan nomor HP peserta. Atau dapat dikirim langsung ke Dispenad Jalan Veteran 5 Jakarta Pusat,” katanya.

Dalam perlombaan tersebut, sambung Dandim 0610, terdapat beberapa kategori diantaranya wartawan cetak akan memperebutkan hadiah senilai Rp15 juta untuk juara I, Juara II Rp10 juta, dan juara III Rp7,5 juta.

Sedangkan, untuk kategori Elektronik Nasional dan Daerah memperebutkan hadiah Rp15 juta untuk juara I, Juara II senilai Rp10 juta, Juara III dengan hadiah Rp. 7.5 juta.

Selain itu, terang Dandim 0610, TMMD merupakan program terpadu lintas sektoral, sehingga dalam penerapannya, TNI tidak bekerja sendiri namun menggandeng banyak pihak.

Dikatakan Dandim 0610, Sasaran pokok atau utama pihaknya akan mengerjakan pengecoran jalan sepanjang 1.000 meter, lebar 2,5 meter, pengerasan jalan 200 meter. kemudian, pembuatan jembatan sungai Cibodas dengan panjang 12 meter tinggi 2,5 meter dan lebar 3 meter. selain itu, rehab jembatan sungai Cijeungjing dengan panjang 17 meter dan lebar 2,3 meter.

“Ada pula pengerjaan jembatan Ciereng, panjang 4 meter, lebar 3 meter dan tinggi 2,5 meter dengan beton plat semi. memiliki empat unit sayap jembatan dengan panjang 5 meter tinggi 2,5 meter, lebar 0,3 meter dilengkapi dengan pilar tengah jembatan panjang 4 meter, tinggi 2,5 meter, lebar 1 meter. selanjutnya, pembuatan Loneng Jembatan sepanjang 3 meter, tinggi 1 meter, lebar 45 centimeter,” tuturnya.

Selain itu, sambung Dandim 0610, pengerjaan TPT sebanyak 4 titik dan TPT sayap jembatan sungai Cibodas sepanjang 16,5 meter, tinggi 2,5 meter dan lebar 30 centimeter. lalu, pengerjaan gorong-gorong dan kupas tanah.

“Untuk sasaran tambahan, akan dilaksanakan rehab mesjid, pembuatan MCK dan pengerjaan pos kamling,” katanya.

Menurut Novianto, Selain pengerjaan infrastruktur fisik dalam Program TMMD ke-105 itu, dilaksanakan juga kegiatan non fisik seperti, penyuluhan kesehatan, penyuluhan hukum, penyuluhan kesejahteraan rakyat, kesadaran bernegara, keamanan dan ketertiban masyarakat. (Abas)

Categories: TNI / POLRI

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com