Bupati Berharap Pramuka Sumedang Jadi Garda Terdepan Cegah Gerakan Intoleran

SUMEDANG, eljabar.com — Pengurus Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka (Mabicab) serta Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) Dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Sumedang masa bakti tahun 2018-2023 Resmi dilantik bertempat di Gedung Negara Sumedang, Sabtu (06/07/2019).

Dede Yusuf M. Effendi, ST. M. Si, selaku ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat mengambil sumpah dan melantik H Dony Ahmad Munir sebagai ketua Mabicab Gerakan Pramuka bersama jajaran pengurus Mabicab Kabupaten Sumedang masa bakti 2018-2023.

Sementara itu Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir selaku ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Sumedang mengambil sumpah dan melantik Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan sebagai Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka bersama jajaran pengurus Kwarcab Kabupaten Sumedang masa bakti 2018-2023.

Bupati Berharap Pramuka Sumedang Jadi Garda Terdepan Cegah Gerakan IntoleranH Erwan Setiawan selaku Ketua Kwarcab Kabupaten Sumedang dalam sambutannya Bahwa tantangan gerakan pramuka saat ini cukup berat dan beragam, terutama jika dikaitkan dengan Globalisasi dan pergeseran budaya, dimana generasi muda di era milenial saat ini cenderung lebih tertarik dengan kegiatan lain. Namun tantangan tersebut kiranya mampu memacu dan menumbuhkan semangat kita bersama, untuk berupaya semaksimal mungkin guna memajukan gerakan pramuka di Kabupaten Sumedang.

“Kita akan senantiyasa melakukan peningkatan peran gerakan pramuka dalam berbagai pembinaan, diantaranya melalui peningkatan sumber daya manusia sebagai agen perubahan di tengah tengah masyarakat, melakukan penguatan peran organisasi gerakan pramuka di Kabupaten Sumedang mulai dari gugus depan, tingkat ranting dan Kabupaten, serta peningktan sinergitas gerakan pramuka dengan organisai kepemudaan lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut Wabup dalam sambutannya target selama kepemimpinannya sebagai Kwarcab kita harus mempunyai bumi perkemahan sendiri di Kabupaten Sumedang, wilayah Sumedang ini sangat luas mana yang akan kita jadikan sebagai tempat bumi perkemahan, sehingga memudahkan akses kita untuk bersilaturahmi untuk mengembangkan gerakan pramuka di Kabupaten Sumedang.

“InsAllah kami kemarin sudah melihat dan ada yang cocok daerah Desa Margalaksana ada sekitar 5 hektar disana dan dari segi prasarana air sangat memadai tidak akan kekurangan. Kami minta dorongan dari semua pihak agar bumi perkemahan di Desa Margalaksana tersebut akan segera terwujud demi kemajuan pramuka di Kabupaten Sumedang,” harapnya.

Sementara itu Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir selaku Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Sumedang dalam Sambutannya mengapresiasi kepeada seluruh Insan pramuka atas kepercayaan yang telah di berikan untuk mengemban amanah sebagai Ketua Mabicab Kabupaten Sumedang.

“Saya sampaikan selamat kepada ketua Kwarcab beserta jajaran pengurus kwartir cabang gerakan pramuka Kabupaten Sumedang yang baru saja di lantik mudah-mudahan kita semua di berikan kekuatan untuk terus meningkatkan kualitas gerakan pramuka di Kabupaten Sumedang menuju gerakan pramuka yang semakin baik lagi,” ujarnya.

Lebih lanjut bupati mengatakan, arti penting dari gerakan pramuka ini sangat besar sekali, sangat banyak sekali terutama dalam rangka menambahkan rasa cinta tanah air, meningkatkan wawasan kebangsaan, mencegah paham radikalisme, mencegah gerakan intoleran.

“Saya harap pramuka jadi garda terdepan, untuk menangkal gerakan-gerakan tersebut. Menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air dan menguatkan wawasan kebangsaan kita,” pungkasnya.

Dede Yusuf M. Effendi, ST. M. Si, selaku ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat dalam sambutannya, Selamat bertugas kepada Jajaran pengurus yang baru terimakasih juga kepada jajaran pengurus Kwarcab yang sebelumnya yang juga sama hebatnya dan mudah- mudahan kwarcab Sumedang bisa menjadi yang tergiat dan terbaik di Jawa Barat. (Abas)

Categories: Pendidikan

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com