Sidak PT Nisshinbo, Dansektor 21 Berkomitmen Percepat Proses Pengembalian Ekosistem DAS Citarum

CIMAHI, eljabar.com – Memiliki 17 Subsektor yang tersebar di wilayah Cimahi, Kabupaten Bandung, hingga Sumedang, rupanya tak menjadi hambatan bagi Satgas Citarum Sektor 21 untuk mengembalikan kelestarian ekosistem dan DAS (Daerah Aliran Sungai) anak maupun cucu sungai Citarum.

Kini, perlahan tapi pasti, pencemaran limbah industri yang ada di sekitar wilayah Sektor 21 mulai berkurang bahkan aliran sungai yang kini cenderung bersih dimanfaatkan oleh anak-anak berenang, juga untuk pengairan sawah.

Sidak PT Nisshinbo, Dansektor 21 Berkomitmen Percepat Proses Pengembalian Ekosistem DAS Citarum (7)Untuk menanggulangi dari pencemaran limbah domestik, sampah rumah tangga dan pendangkalan sungai yang disebabkan oleh sedimentasi. Seluruh Subsektor yang ada di wilayah Sektor 21 terus melakukan berbagai pembenahan.

Satgas Citarum Sektor 21 akan kembali menggalakan pengecekan terhadap IPAL industri yang ada di wilayah Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Sumedang. Hal itu ditegaskan Komandan Sektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat usai melaksanakan pengecekan IPAL di PT Nishhinbo Indonesia, Jalan Nanjung, Kota Cimahi, Selasa (09/07/2019).

Sidak PT Nisshinbo, Dansektor 21 Berkomitmen Percepat Proses Pengembalian Ekosistem DAS Citarum (5)“Ini merupakan bagian dari pengawasan yang dilakukan Satgas Sektor 21 terhadap industri, mengecek sejauh mana progres perbaikan dan operasional IPAL di perusahaan,” ujar Dansektor 21.

“Kedatangan saya mengecek ulang IPAL PT Nisshinbo adalah untuk men-trigger pabrik-pabrik lain yang ada di Cimahi agar tidak membuang limbah kotor ke sungai, dan mempercepat proses pengembalian ekosistem DAS Citarum,” ungkapnya.

Sidak PT Nisshinbo, Dansektor 21 Berkomitmen Percepat Proses Pengembalian Ekosistem DAS Citarum (2)“Saya akan gencar mengecek pabrik-pabrik penghasil limbah, dan saya tegaskan agar pabrik lain termasuk Nisshinbo jangan sampai petugas IPAL-nya ketiduran, dan obat yang dimasukkan untuk mengolah limbah dikurangi,” pungkas Dansektor 21.

General Manajer PT Nisshinbo Indonesia Christin mengatakan, setelah pabriknya sering disidak dan dibina oleh Dansektor 21 dan Satgas Citarum Harum Sektor 21, maka PT Nisshinbo Indonesia semakin hari semakin baik dalam mengelola limbahnya.

Sidak PT Nisshinbo, Dansektor 21 Berkomitmen Percepat Proses Pengembalian Ekosistem DAS Citarum (1)“Memang hari Sabtu (6 Juli 2019, red) ada sedikit masalah dengan pengelolaan limbah kami, namun tidak masalah karena langsung dengan cepat kami atasi, dan saat ini limbah kami sudah konsisten sesuai arahan Dansektor 21,” ungkap Christin.

“PT Nisshinbo Indonesia akan tetap komitmen mengeluarkan limbah sesuai parameter dan arahan dari Dansektor 21, serta sesuai baku mutu dari LH. Kami akan terus menjaga komitmen ini,” pungkasnya. *red

Categories: Regional

Tags: ,,,

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com