200 Peserta Ikuti Workshop Transformasi Digital Menuju Sumedang Digital Region

SUMEDANG, eljabar.com — Sebanyak 200 orang peserta mengikuti Workshop bertajuk “Transformasi Digital menuju Sumedang Digital Region”. Workshop dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman dan bertempat Gedung Negara, Kamis (11/07/2019).

Hadir sebagai narasumber Prof. Agus W Soehadi, Ph.D dan Prof. Dr. Ir. Marsudi W. Kisworo dari Universitas Prasetiya Mulya. Sedangkan peserta melibatkan unsur SKPD dan perguruan tinggi Kabupaten Sumedang.

Sekda H. Herman Suryatman menyampaikan dalam sambutannya, workshop merupakan wadah untuk menyelesaikan permasalahan global yang menghambat pembangunan yang berkelanjutan. “Workshop ini menjadi upaya dan solusi yang cerdas untuk mewujudkan Kabupaten Sumedang yang aman dan nyaman bagi masyarakatnya,” ujarnya.

Melalui workshop diharapkan mampu meningkatkan layanan publik, menciptakan pemerintahan yang lebih baik, mencerdaskan masyarakat, serta mengelola dan mengembangkan potensi SDM di Kabupaten Sumedang.

Dikatakan Sekda lebih lanjut, Sumedang sudah memiliki program Sumedang bebas berinternet pada tahun 2020. “Untuk membantu tercapai nya program ini, Sumedang telah membangun 70 stasion Wi-Fi gratis di tempat-tempat strategis,” tuturnya.

Ke depannya, lanjut Sekda, jumlah stasion Wi-Fi gratis akan terus ditingkatkan kembali. Begitu pula dengan infrastruktur fiber optic sudah menjangkau semua SKPD dan kecamatan se-Kabupaten sumedang. “Di akhir tahun 2019, akan dibangun infrastruktur fiber optic di seluruh desa di Kabupaten Sumedang,” ujarnya.

Sekda menargetkan pada Tahun 2020 Kabupaten Sumedang akan menjadi kawasan teknologi  serta menempati peringkat 10 terbesar dengan akuntabilitas kinerja menempati peringkat ke-1 pada Tahun 2021.

Pemerintah Kabupaten Sumedang  juga akan terus menggelar roadshow transformasi digital ke tiap kecamatan dan desa sehingga teknologi di Kabupaten Sumedang dapat terus makin berkembang.

Sementara itu, Kepala Diskipas Kabupaten Sumedang Dr. Iwa kuswaeri selaku Ketua Penyelenggara mengatakan,  maksud digelarnya workshop adalah sebagai akselerasi pembangunan yang berbasis digital menuju terwujudnya Sumedang Digital Region.

“Tujuan workshop ini adalah untuk menjadikan Sumedang yang lebih cerdas, aman dan efisien, mendorong terciptanya pekerjaan dengan nilai yang lebih tinggi, meningkatkan pendapatan masyarakat melalui teknologi digital yang akhirnya diharapkan meningkatkan taraf hidup masyarakat Kabupaten Sumedang,” ungkapnya. (Abas)

Categories: Regional

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com