Percikan Api Knalpot Motor Hanguskan Rumah dan Bengkel Beserta Isinya

SUMEDANG, eljabar.com — Sebuah rumah permanen, bengkel dan warung di Dusun Nagrog RT 04/08 Desa Sukahayu Kecamatan Rancakalong hangus dilalap si Jago Merah, sekira pukul 08.00, kemarin.

Menurut saksi mata Yeyet Rusdianti saat itu ada seorang pengendara motor yang mengangkut jerigen berisi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite. Tiba-tiba ada seorang pengendara motor lain yang memberitahukan bahwa ada percikan api dari knalpot pembawa BBM.

Diketahui, pengangkut BBM bernama Agus Endang Rahmat, alamat Dusun Naringul RT 01/01 Desa Pangadegan Kecamatan Rancakalong.

“Kejadiannya sekira pukul 08.00 wib, api berasal dari knalpot motor pengangkut BBM. Saat itu BBM nya tumpah sehingga api langsung menjalar ke rumah dan bengkel,” katanya.

Menurut Yeyet, warga panik dan langsung berhamburan. Pemilik warung dan bengkel pun berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Sementara itu, pembawa BBM,  Agus mengatakan dirinya pulang membeli BBM jenis Pertalite sebanyak tiga  jerigen sebanyak 80 liter dengan diangkut menggunakan sepeda motor R2 Tossa Nopol Z-6409-AC.

Diperjalanan, ada seorang pengendara sepeda motor yang tidak dikenal memberitahukan kepadanya jika ada api yg keluar dari knalpot sepeda motornya.

Kemudian dirinya memberhentikan kendaraannya tepat ditengah jalan depan rumah kemudian berusaha untuk mengeluarkan BBM yang berada di dalam karung. Namun tidak berhasil dan BBM tersebut tumpah mengalir kejalan serta ke depan rumah.

“Kemudian api yang keluar dari knalpot motor tersebut membesar lalu menyambar rumah, bengkel serta warung milik bu Dede Rustiana dan DEDE Kosasih. Rumah  berukuran rumah 4×10 meter itu  hangus terbakar api,” katanya.

Kapolsek Rancakalong, AKP Supiadi membenarkan kejadian itu. Menurutnya, api dapat dipadamkan dengan bantuan warga serta dua unit mobil Damkar Kabupaten Sunedang.

“Beruntung tidak ada korban jiwa, sementara korban yang menderita kerugian ada dua, Dede Rustiana rumah, dan Dede Kosasih bengkel. Kerugian materi ditaksir Rp180 jutaan,” katanya.

Sementara itu, Agus pembawa jerigen minyak diamankan di Mapolsek Rancakalong untuk dimintai keterangannya. (Abas)

Categories: Regional

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com