Gerakan Shalat Subuh Berjamaah Implementasi dari Visi Sumedang Simpati

SUMEDANG, eljabar.com — Program keagamaan untuk mencapai salah satu visi Sumedang Simpati yang diimplementasikan melalui gerakan shalat subuh berjamaah kembali dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Sumedang. Kali ini, Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan bersama para kepala OPD dan ASN pemerintah Kabupaten Sumedang melaksanakan shalat subuh berjamaah di Masjid At-taqwa Dusun Ciwaru Desa Cisarua Kecamatan Cisarua, Selasa (16/07/2019).

Pelaksanaan shalat subuh berjamaah berlangsung khidmat. Masyarakat yang berada di sekitar masjid, tampak ramai mengikuti shalat subuh berjamaah ini. Selain sholat subuh acara diisi dengan tausiyah yang disampaikan oleh ketua MUI kecamatan Cisarua. Tampak hadir dalam kesempatan tersebut, Camat Cisarua, Camat Paseh, Forkopimka, Kepala UPTD, para tokoh masyarakat, tokoh agama dan warga masyarakat setempat.

Camat Cisarua Agus Sujatmiko dalam kesempatan tersebut menyampaikan terimakasih kepada Wakil bupati hadir yang saat itu hadir ditengah tengah masyarakat Cisarua untuk melaksanakan subuh berjamaah. Dihadapan Bupati ia pun melaporkan, dalam mengakselerasi visi Sumedang Simpati ditiap desa di kecamatan Cisarua secara bertahap pihaknya telah melaksanakan beberapa program yang telah dicanangkan pemerintah seperti Magrib mengaji dan sholat subuh berjamaah.

“Secara umum tiap desa kami telah melaksanakan berbagai program yang dicanangkan seperti Shalat subuh berjamaah dan magrib mengaji, Alhamdulillah semuanya sudah berjalan. Insya allah, kedepan kami siap mendukung terwujudnya visi Sumedang Simpati dan mudah-mudah dibawah kepemimpinan Bupati dan Wakil bupati semua itu dapat terwujud,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal penting kepada masyarakat Cisarua. Ia mengatakan, bahwa pelaksanaan shalat subuh berjamaah merupakan ajang silaturahmi seluruh jajaran pemerintahan dengan masyarakat. Menurutnya, kegiatan tersebut menjadi program yang akan terus dilaksanakan untuk memasyarakatkan shalat subuh berjamaah yang tiada lain untuk mengamalkan apa yang sudah dilakukan rasulullah SAW dalam pembinaan umat.

“jika mengamati hadist-hadist yang berkaitan dengan shalat berjamaah, kita dapat menyimpulkan bahwa hukum shalat berjamaah nyaris wajib. Shalat berjamaah mendapat Perhatian besar Rasulullah SAW karena dalam shalat berjamaah banyak hikmah dan manfaat bagi umat, baik untuk masalah dunia maupun akhirat” kata wabup.

Dikatakan lebih lanjut, berbagai program kegiatan bernuansa keagaamaan yang telah dicanangkan seperti shalat subuh berjamaah dan magrib mengaji diharapkan menjadi cerminan sikap dan perilaku masyarakat Sumedang terhadap nilai-nilai agama yang dianut. Ia pun mengharapkan, nilai-nilai tersebut dapat diaktualisasikan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara dalam mengakselerasi terwujudnya Sumedang yang agamis.

“Dengan banyaknya kegiatan yang bernuansa keagamaan seperti yang kita laksanakan pada hari ini, sikap dan perilaku hidup masyarakat Kabupaten Sumedang akan mencerminkan nilai-nilai agama yang diyakini. Tentunya kita semua berharap hal ini dapat membuahkan hasil sehingga Sumedang menjadi kabupaten yang Agamis,” harapnya. (Abas)

Categories: Pemerintahan

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com