TMMD Banyak Memberikan Dampak yang Luar Biasa Bagi Masyarakat Sumedang

SUMEDANG, eljabar.com — Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) dari Mabes TNI yang dipimpin Brigjen Darmono Susanto berkunjung ke lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 di Desa Padanaan Kecamatan Paseh, Selasa (30/07/2019).

Tiba di lokasi, kedatangan Tim Wasev disambut Bupati Sumedang, Dandim 0610 dan para Kepala OPD. Tak ketinggalan, puluhan warga pun ikut menyambut hangat kedatangan Tim Wasev dengan menampilkan Tari Umbul.

Sebelum memantau langsung pekerjaan dilokasi TMMD, rombongan tim Wasev memyempatkan diri mendengarkan  pamaparan dari Dandim 0610 Letkol. Arh. Novianto Firmansyah terkait progress pelaksanaan TMMD ke-105.

Dalam pemaparannya, Dandim 0610 Sumedang menyampaikan bahwa pelaksanaan TMMD baik fisik maupun non fisik dapat dilaksanakan sesuai dengan target  yang telah ditetapkan. Adapun sasaran pokok pembangunan fisik TMMD antara lain seperti pekerjaan pembuatan jalan baru dan pengerasan yang menghubungkan Desa Padanaan Kecamatan Paseh dengan desa Pada Asih kecamatan Conggeang serta pembangunan lainnya seperti jembatan, TPT, rehab gorong-gorong sudah rampung.

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir saat menerima kunjungan Tim Wasev menyampaikan ucapan terimakasih kepada jajaran TNI yang telah melaksanakan kegiatan TMMD. “TMMD telah banyak memberikan dampak yang luar biasa bagi masyarakat Sumedang khususnya di Desa Padanaan melalui pembangunan infrastruktur  yang menghubungkan dua Kecamatan sehingga mempermudah akses distribusi hasil pertanian, akses pendidikan, akses kesehatan, dan akses ekonomi,” tuturnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan ada nilai-nilai yang terkandung dari pelaksanaan TMMD, yaitu nilai kebersamaan dan kegotongroyongan masyarakat yang mesti terus dijaga oleh seluruh masyarakat dalam membangun Kabupaten Sumedang.

“Saya sangat terharu nilai kebersamaan dan kegotongroyongan terlihat di masyarakat dalam program ini. Mudah-mudahan nilai nilai ini dapat tetap kita pelihara,” harap Bupati.

Sementara itu, Brigjen Darmono Susanto menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan timnya tiada lain untuk melihat dan mengawasi progres pelaksanaan kegiatan TMMD ke-105 di Desa Padanaan.

“Maksud kami datang kemari untuk melihat progres pelaksanaan TMMD baik pembangunan fisik dan non fisik sesuai dengan target yang sudah ditentukan. Harapannya apa yang dikerjakan  dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sehingga bisa makmur,” tuturnya.

Dijelaskan, program TMMD secara sinergis dilaksanakan bersama antara TNI dengan seluruh komponen masyarakat dalam membangun wilayah. Menurutnya, dalam membangun suatu wilayah tidak hanya menjadi kewajiban pemerintah semata, tetapi dibutuhkan keterpaduan dari semua pihak untuk mewujudkannya.

“Kita bekerjasama membangun wilayah. Bukan hanya pembangunan fisik tapi bangun semuanya. Kita bangun rakyatnya, bangun fasilitasnya, juga kita bangun pemerintahannya sehingga negara kita ini maju menjadi ‘baldatun toyyibatun warobun ghofur’ sebagaimana yang kita harapkan bersama,” ujarnya. (Abas)

Categories: Nasional

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com