Pemkab Sumedang Dorong YPSA Kembalikan Nama Unsap

SUMEDANG, eljabar.com — Bupati H. Dony Ahmad Munir berharap agar seluruh Sekolah Tinggi di bawah naungan Yayasan Pendidilan Sebelas April (YPSA) Sumedang kembali menjadi Universitas sebagaimana tuntutan kebijakan pemerintah mengenai Perguruan Tinggi. Bahkan nama Unsap (Universitas Sebelas April) yang sudah melekat di masyarakat bisa dipertimbangkan untuk dipergunakan kembali.

Hal tersebut diungkapkan Bupati saat menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan YPSA Sumedang tentang Kerjasama di Bidang Pendidikan, Penelitian, Pelatihan dan Pengabdian kepada Masyarakat di Kabupaten Sumedang Tahun 2019, Kamis (01/08/2019) di Gedung Negara.

Dikatakan Bupati dalam sambutannya, walaupun pada kenyataannya telah berubah nama menjadi  Sekolah Tinggi, namun dari dahulu nama Unsap telah menjadi nama perguruan tinggi yang dikenal sekaligus kebanggaan warga Sumedang,  “Mudah-mudahan keinginan untuk menjadi Universitas segera terwujud. Saya ikut mendorong dan mendoakan agar proses perubahan ini berjalan, lancar,” ujarnya.

Bupati  mengapresiasi dan berterimakasih atas kontribusi YPSA atas segala kerjasamanya selama ini dalam memberikan pelayanan pendidikan tinggi kepada masyarakat Sumedang.

“Terimakasih atas perhatian, bantuan dan kerjasamanya selama ini dalam mempermudah masyarakat untuk mendapatkan akses pendidikan tinggi,” ungkapnya.

Bupati memohon agar MoU antara YPSA dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang tersebut dapat ditindaklanjuti secepatnya. “Mudah- mudahan ke depan program-programnya semakin meningkat,” tuturnya.

Sementara itu, H Yuyun Hidayat selaku Ketua Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA) Sumedang mengatakan,   pemerintah berkeinginan mengurangi sekolah-sekolah tinggi di Indonesia dan menggabungnya menjadi universitas. “Untuk tahun ini saja harus berkurang 1000 sekolah tinggi. Hal ini berlaku juga kepada seluruh sekolah tinggi yang ada di YPSA,” terangnya.

Rencana pemerintah tersebut, lanjutnya, tentu akan dilaksanakan pihak YPSA secepatnya, apalagi sebelumnya sudah mempunyai nama Unsap. “Ketentuan pemerintah ini tentu akan kita laksanakan sehingga nama Unsap benar- benar ada,” tuturnya.

Walaupun masih terkendala sedikit permaslahan, ia tetap yakin rencana tersebut bisa terwujud atas bantuan semua pihak. “Insyaalloh atas doa dan dukungan dari berbagai pihak, kami bisa melaksanakan tugas ini” pungkasnya. (Abas)

Categories: Pendidikan