Pemkab Sumedang Berdirikan Koperasi Syariah di 26 Kecamatan Guna Tingkatkan Perekonomian

SUMEDANG, eljabar.com — Peringatan Hari Koperasi ke-72 Tahun 2019 diwarnai dengan penyerahan  penghargaan bagi insan koperasi  Kabupaten Sumedang yang berprestasi.

Peringatan Hari Koperasi yang dilaksanakan di Alun-alun Sumedang pada hari Minggu (04/08/2019) tersebut dihadiri secara langsung oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, pengurus Dewan Koperasi Wilayah (Dekopwil) Jawa Barat Hj. Suarny Amran, SH, MH, Mkn, Anggota DPD RI Eni Sumarni, perwakilan Forkopimda, Kepala Diskoperindag UMKM Kabupaten Sumedang Wowo Sutisna beserta jajajaran, Ketua Dekopinda Kabupaten Sumedang H. Oo Rohaendi Nurhara, dan para pengelola, penggerak, serta tokoh  koperasi se-Kabupaten Sumedang.

Piagam penghargaan dan hadiah diserahkan bupati tersebut berupa kepada 12 Koperasi Berprestasi di Kabupaten Sumedang,  2 Pra Koperasi Berprestasi, 5 Usaha Kecil Berprestasi, dan 10 orang Tokoh Koperasi. Penyerahan penghargaan dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada anak yatim piatu sebanyak 30 orang.

Dalam sambutannya, Bupati H. Dony  Ahmad Munir mengatakan, Koperasi merupakan wadah ekonomi rakyat yang sejatinya harus menjadi penyangga dalam perekonomian anggota dan masyarakat.

“Koperasi sebagai organisasi perekonomian rakyat, perkembangannya di Kabupaten perlu lebih ditumbuhkembangkan kembali mengingat Kabupaten Sumedang telah menyandang Kabupaten Koperasi,” ujarnya.

Dikatakan lebih lanjut, sebagai Kabupaten Koperasi, Sumedang harus mampu  meningkatkan daya saing dan  kompetensinya termasuk penguatan kelembagaan.

“Alhamdulilah dalam rangka menguatkan koperasi di Kabupaten Sumedang, sudah berdiri koperasi syariah di 26 Kecamatan yang diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan menangkal rentenir,” kata bupati.

Melalui peringatan Koperasi ke 72, Bupati berharap koperasi dapat mewujudkan fungsinya dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi anggota khususnya dan masyarakat umumnya.

“Saya harap Koperasi Sumedang dapat berdiri kokoh dan menjadi jembatan ekonomi masyarakat sehingga benar-benar menjelma menjadi pelaku ekonomi kerakyatan yang tangguh, mandiri, profesional dan berdaya saing,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati juga mengunjungi stand-stand makanan produk unggulan koperasi  dan melepas peserta Gerak Jalan Sehat yang diikuti sekitar 500 orang dengan hadiah utama 1 unit sepeda. (Abas)

Categories: Pemerintahan