Satlantas Polres Sumedang Latih Juru Parkir Atur Kendaraan….!

SUMEDANG, eljabar.com – Jukir alias juru parkir di Kabupaten Sumedang mendapat bimbingan dan penyuluhan (binluh) dari Sat Lantas Polres Sumedang, Senin 12 Agustus 2019.

“Kita beri tahu tata cara meniup peluit yang baik dan benar, sehingga dimengerti para pengemudi yang akan parkir maupun keluar. Selama ini kan masih banyak jukir yang meniup peluit secara ngasal, asal bunyi,” kata Kasat Lantas Polres Sumedang AKP Iim Abdurohim.

Lebih jauh Iim menerangkan, binluh tersebut dilaksanakan di kawasan vital jalan Mayor Abdurahman, Sumedang sejak pukul 13.00 WIB.

“Selain cara meniup peluit, para petugas jukir juga diberi tahu tata cara mengarahkan kendaraan yang parkir dengan tepat sehingga tidak mengganggu kendaraan lain yang melintas di jalan. Mereka juga kita beri imbauan agar mengutamakan dan memperhatikan kendaraan yang melintas terlebih dahulu,” terangnya.

Menurut Iim, peran serta jukir tak bisa dipandang sebelah mata. Sebab jukir dapat membantu Polri dalam mencegah kemacetan dan kecelakaan lalu lintas dengan menertibkan kendaraan yang parkrir sembarangan.

“Berkaitan dengan itu, binluh dilakukan secara intens sebagai salah satu langkah Sat Lantas Polres Sumedang dalam mewujudkan Kamseltibcarlantas. Kita juga memberika n wawasan pencegahan lakalantas dan kemacetan lalu lintas melalui sosialisasi tertib berlalulintas dengan mengutamakan keselamatan sebagai kebutuhan kepada petugas parkir atau di seputaran rumah makan dan tahu Sumedang,” tandasnya. (Abas)

Categories: Regional