Waduh…! Oknum Kepsek tak Becus Bikin SPJ BOS, Jadi Koorwil?

KAB BANDUNG, eljabar.com – Pada pelatikan Koorwil Bidang TK, SD, SMP dan Non Format kecamatan, Senin 9 Agustus 2019 menuai pertanyaan berbagai pihak. Pasalnya yang dilantik tersebut salah seorang kepala sekolah yang diduga tak “becus” dalam bekerja, menuai reaksi sinis dari pendidik kepada oknum pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung yang meloloskannya menjadi seorang koorwil.

AP (sumber berita, red) mengatakan, “Pelantikan Koorwil Kecamatan jumay yang baru lalu Amburadul. Pasalnya oknum kepala sekolah yang diduga tidak bisa membuat laporan surat pertanggungjawaban (SPJ) bantuan operasional sekolah (BOS), malah dijadikan koorwil kecamatan. Ini merupakan kemunduran untuk dunia pendidikan,” tutur AP menirukan ucapan salah seorang pejabat disdik, Senin (12/08/2019).

Hal senada diungkapkan PD, “Sekira 19 Juli 2019, oknum tersebut habis  masa jadi kepala sekolah, semestinya menjadi guru kembali. Namun, entah mengapa ujug-ujug jadi koorwil, diduga terindikasi D3 yakni, dekeut-deuheus-duit? Adapun terkait tak becus membuat SPJ BOS itu pun benar adanya. Kalau ada pemeriksaan BOS dari kabupaten, oknum tersebut tidak hadir dengan alasan sakit,” beber PD.

Perlu diketahui, “Saat akhir jabatan kepala sekolah, seharusnya menjalani uji kompetensi (ujikom). Namun pada kenyataannya oknum tersebut tidak menampakkan batang hidungnya, yakni tidak hadir ujikom. Dan ini jelas sekali memperlihatkan kebodohannya,” beber sumber lagi.

*A56

Categories: Hukum