Pemkab Sumedang akan Ciptakan Bibit Generasi Unggul yang Siap Bersaing di Era Revolusi 4.0

SUMEDANG, eljabar.com — Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-74, dilaksanakan di Alun-alun Sumedang, Sabtu (17/8/2019) dengan dipimpin langsung oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir sebagai Inspektur Upacara.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, kemajuan suatu bangsa bergantung pada kemampuan dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga diperlukan upaya peningkatan kualitas SDM khususnya dalam menguasai dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Konteks ini sejalan dengan upaya penyelarasan program-program Pemerintah Kabupaten Sumedang sebagai bentuk akselerasi Visi dan Misi Sumedang Simpati, serta implementasi dari tema HUT RI ke-74 yaitu “SDM Unggul, Indonesia Maju”,” ujar bupati.

Upaya tersebut, lanjut Bupati, diantaranya dengan memperpanjang lama usia sekolah. “Anak-anak usia 6 hingga 16 tahun yang tidak sekolah didata, mengingat rata-rata usia sekolah di Sumedang hanya sampai kelas 2 SMP, sehingga perlu menerapkan program-program Bidik Misi berupa pendidikan gratis 12 tahun,” ucapnya.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Sumedang pun menyediakan program pendidikan kesetaraan Paket B dan C secara gratis bagi 10.000 orang peserta.

“Berbagai upaya tersebut menjadi ikhtiar kita bersama dalam menciptakan bibit-bibit generasi unggul, yang siap menghadapi persaingan di era revolusi 4.0,” ungkapnya.

Masih dalam sambutannya Bupati juga memohon dukungan dari seluruh masyarakat dalam upaya percepatan penurunan angka kemiskinan sebesar 0.8 persen per tahun.

“Tahun ini kami berusaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan cara, mendatangkan investor, mendongkrak sektor pariwisata, cross cutting bersama seluruh stakeholder, mengarahkan penggunaan Dana Desa, memberdayakan Bumdes melalui one village one product, one village one company, memberdayakan buruh tani, membentuk koperasi syariah, dan upaya-upaya lainnya,” paparnya.

Dukungan pula diminta oleh Bupati sehubungan  Sumedang kembali dipercaya sebagai tuan rumah dalam event olahraga bertaraf Internasional yang diberi nama “West Java Pragliding Word Championship And Culture Festival 2019” yang akan digelar pada tanggal 2 sampai 8 Oktober 2019 dan diikuti oleh 160 pilot dari 20 negara dengan melombakan 3 kelas.

“Demi suksesnya acara ini, saya mengajak kepada seluruh masyarakat Sumedang agar berperan aktif  menjaga kondusivitas lingkungan serta menjadikannya kesempatan untuk mempromosikan Kabupaten Sumedang sebagai surganya paralayang, sekaligus destinasi wisata kelas dunia sehingga diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar,” tukasnya.

Pada momen Peringatan HUT RI ke-74 tersebut diberikan pula berbagai penghargaan diantaranya, penganugrahan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya, penghargaan ini diberikan kepada PNS yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada negara dan pemerintah paling singkat 10, 20 dan 30 tahun, Pemeberian Remisi Umum kepada 128 orang narapidan pada Lapas kelas II B Sumedang, dan penghargaan-penghargaan lainnya.

Selain itu bantuan dari Baznas Sumedang, dengan total bantaun sebesar Rp. 405.000.000,- untuk bantuan biaya pendidikan bagi siswa-siswi kurang mampu, bantuan untuk masjid dan sarana prasarana keagamaan, bantuan bagi penyandang disabilitas, dan santunan uang duka bagi petugas KPPS dan Panwaslu.

Hadir dalam Upacara tersebut para sesepuh dan tokoh pejuang perintis kemerdekaan, unsur Forkopimda Kabupaten Sumedang, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim 0610, Kepala Kejaksaan Negri, Ketua Pegadilan Negri, Ketua Pengadilan Agama, Danyonif 301 Prabu Kian Santang, Dansubdenpom, Sekretaris Daerah, para Asiaten, Staf Ahli, Camat, Kepala SKPD, Kepala Desa, Lurah, dan tamu undangan lainnya. (Abas)

Categories: Pemerintahan

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com