Ratusan Pelajar dan Mahasiswa Ikuti Jambore Kebangsaan di Tahura Gunung Kunci Sumedang

SUMEDANG, eljabar.com — Ratusan siswa-siswi perwakilan dari Sekolah Menangah Atas (SMA) dan Mahasiswa di Sumedang ikuti kegiatan Jambore Kebangsaan tingkat Kab. Sumedang di Taman Hutan Raya (Tahura) Gunung Kunci Sumedang, Selasa (20/8/2019).

Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan mengatakan, seusai memperingati hari ulang tahun kemerdekaan RI ke 74, dirinya mengajak generasi millenial di Sumedang agar dapat mengisi momentum kemerdekaan dengan berbagai hal yang positif.

“Olehsebab itu, melalui jegiatan Jambore Kebangsaan ini, sejatinya dapat dijadikan wadah untuk menjaga persatuan dan kesatuan, seperti diamanatkan oleh sila ke-3 dalam Pancasila, Persatuan Indonesia terlebih, memperkokoh Bhineka Tunggal Ika,” ujarnya.

Selain ajang silaturahmi, sambung Wabup, kegiatan tersebut dipandang penting guna merekatkan hubungan diantara kaum millenial. Dia berharap, kegiatan Jambore Kebangsaan dapat meningkatkan wawasan kebangsaan, lebih mencintai negara kesatuan Republik Indonesia.

“Jambore Kebangsaan merupakan wujud komitmen sinergi pemkab Sumedang dengan kaum millenial bersama pihak terkait lain, salahsatunya dalam menjaga serta menangkal berita palsu atau hoaks. kami mengajak para millenial di Sumedang harus lebih selektif dalam menerima informasi dan dapat menyaringnya saat mendapatkan informasi yang diterima sebab, apabila langsung ikut menyebarkan maka, resikonya akan terjerat UU ITE,” jelasnya.

Lebih dari itu, imbuh Wabup, ditengah era perkembangan teknologi dan pesatnya pembangunan agar kaum millenial dapat memberikan karya yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Dalam kesempatan itu, Wabup mengingatkan juga bagi generasi millenial terkait bahaya narkoba. “Jangan coba coba untuk bersahabat dengan narkoba, jauhi narkoba sayangi diri sendiri dan keluarga,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kab. Sumedang, Rohayah Atang SH, kendati dilaksanakan hanya satu hari, kegiatan Jambore Kebangsaan tingkat Kab. Sumedang dengan mengusung tema, ”Generasi Millenial Siap Bersatu untuk Sumedang Simpati” diharapkan dapat mewujudkan dan menanamkan semangat kebangsaan bagi segenap millenial di Sumedang.

“Para peserta Jambore Kebangsaan sebanyak lebih dari 200 orang pelajar ini mendapatkan berbagai pengetahuan dari berbagai narasumber seperti, Kepala Kesbangpol Provinsi Jabar, Dr. Herry Hudaya, Wabup Sumedang, Erwan Setiawan dan dari unsur TNI-Polri,” katanya.

“Mereka akan mendapatkan wawasan kebangsaan tentang bela negara, karakter hukum dan pengetahuan lainnya,” pungkas Rohayah. (Abas)

Categories: Pendidikan

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com