Wakil Bupati Sumedang Hadiri Grand Opening Pabrik Cokelat Barry Callebaut Indonesia

SUMEDANG, eljabar.com — Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan menghadiri Grand Opening Peresmian pabrik cokelat  Barry Callebaut Indonesia PT. Garuda Food Group di Komplek Industri PT. Dwipapuri Desa Mangunarga Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jum’at (23/8/2019).

Turut hadir dalam peresmian tersebut  Ben De Schryver, Presiden Barry Callebaut Asia Pacific, Mr. Lee. Bun Hui Vice Manager PT. Barry Callebout Gresik, Hardianto Jaya Atmadja CEO PT Garuda Food, Darojatun Kuncoro Komisaris PT. Garuda Food, Felly Linawati Vice Manajer PT Garuda Food, Para Kepala SKPD dan Forkopimka Kecamatan  Cimanggung.

Peresmian secara simbolis ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ben De Schryver, Presiden Barry Callebaut Asia Pacific kepada Felly Linawawati selaku Vice Manager PT. Garuda Food serta dari CEO Garuda Food Gresik Hardianto Atmadja kepada Advice Manager PT. Barry Callebaut Gresik Mr. Leem Bun Hui sebagai bentuk jalinan kerjasama antara kedua belah pihak.

Wabup Erwan dalam sambutannya mengapresiasi positif  dengan diresmikannya PT. Barry Callebaut yang saat ini menjalin kemitraan dengan PT. Garuda Food. Diharapkanny, hal tersebut akan menambah iklim usaha yang semakin sehat dan kondusif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sumedang.

Wakil Bupati Sumedang Hadiri Grand Opening Pabrik Cokelat Barry Callebaut Indonesia (2)“Kami membuka siapa saja yang akan berinvestasi di Kabupaten Sumedang. Insya Allah kami terus mengembangkan SDM yang handal sehingga dapat dimanfaatkan PT. Barry Callebout,” ungkapnya.

Selain menjadi sektor penyumbang PAD Kabupaten Sumedang, Wabup pun berharap, berdirinya perusahaan tersebut minimal dapat menyerap 70 persen tenaga kerja warga Sumedang.

Terlebih, imbuh Wabup, dalam upaya peningkatan di sektor industri, Pemkab Sumedang telah menyiapkan lahan seluas 4.000 hektar di kawasan Buahdua-Ujungjaya-Tomo (Butom) guna mendukung Industri agro bisnis dan aerocity.

“Kami mengajak para investor dan pengusaha agar dapat mengembangkan industrinya di kawasan Butom Sumedang. Banyak hal yang akan mendukung kemajuan industri di kawasan ini seperti, sumber air yang memadai serta lahan atau tempat yang lebih strategis demi mendukung kemajuan perusahaan itu sendiri,” ucapnya.

Sementara itu, CEO Garuda Food Hardianto Atmadja, mengatakan, Kolaborasi kedua perusahaan ini meliputi inovasi dan pengembangan produk baru serta peningkatan kualitas produk yang diyakini memperkuat posisi Garudafood sebagai market leader di Indonesia.

“Kolaborasi ini juga merupakan bagian dari strategi terbukanya kami atas inovasi. Kami juga semakin mengintensifkan kolaborasi dengan Barry Callebaut yang akan mendukung kinerja Garudafood dalam menghasilkan produk-produk inovatif untuk memberikan nilai tambah bagi konsumen Indonesia dan mancanegara,” terang Hardianto

Sementara itu, Ben De Schryver, Presiden Barry Callebaut Asia Pacific mengatakan, kerja sama tersebut diyakini dapat semakin memperkuat hubungannya dengan Garudafood. “Perluasan bisnis ini juga akan memperkuat keberadaan Barry di Indonesia,” tuturnya.

Saat ini di Asia telah ada lima pabrik cokelat milik Barry Callebaut Asia Pacific yakni di China, India, Indonesia, Jepang, dan Singapura. Tiga pabrik cokelat yang dua diantaranya berada di Indonesia dan satu di Malaysia. Sementara satu pabrik cokelat dan  kakao gabungan di Malaysia.

Barry Callebaut telah memiliki lebih dari 550 karyawan di seluruh Indonesia yaitu di Gresik, Bandung, Makassar dan Lampung. (Abas)

Categories: Regional