Didanai 17 Miliar dari Pemprov Jabar, Bupati Sumedang Ground Breaking Pembangunan Alun-alun Sumedang

SUMEDANG, eljabar.com — Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir didampingi oleh Wakil Bupati Sumedang H. Erwan setiawan, kepala dinas terkait beserta para anggota DPRD Kabupaten Sumedang melaksanakan Ground Breaking sebagai tanda dimulainya pembangunan Alun-alun Sumedang, Kamis (05/09/2019).

Hal tersebut merupakan rangkaian Roadshow hari ke-2 dalam rangka pencapaian Visi Misi Sumedang Simpati.

Menurut Bupati, Alun-alun Sumedang telah menjadi bagian dari perjalanan sejarah perkembangan Kabupaten Sumedang dari masa ke masa, dalam pembangunannya saat ini didanai oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat kurang lebih sebesar Rp. 17 miliar.

“Pembangunan ini akan berlangsung selama 98 hari pengerjaan dan dalam aspek implementasinya akan di bagi 5 (lima) zona, terdiri dari zona kehutanan, kesehatan, pertanian, peternakan/perikanan, dan zona pendidikan,” ungkapnya.

Bupati menghimbau kepada seluruh pelaksana yang terlibat bisa bekerja dengan sepenuh hati memberiikan rasa dalam pekerjaannya agar dapat berjalan dengan lancar sukses dan berkualitas yang pada akhirnya akan dinikmat oleh masyarakat dalam menggunakan Alun-alun Sumedang.

“Saya berharap Alun-alun Sumedang selain mampu memberikan kenyamanan dan keamanan bisa juga menjadi sumber inspirasi motivasi sehingga mampu meningkatkan indeks kebahagiaan bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Sumedang,” ujar bupati.

Roadshow hari ke-2 dilanjutkan menuju kecamatan Jatigede sekaligus melakukan peninjaun jalan Lingkar Timu Jatigede sepanjang 17,5 Km yang mana nantinya bisa digunakan sebagai tempat olah raga bersepeda yang berpeluang mampu mengangkat nama Jatigede ke ranah dunia dengan akan diadakannya event Tour De Jatigede kelas Internasional yang pada saat ini 4 Km jalan masih dalam pekerjaan.

Setelah meninjau Jalan Lingkar Timur Jatigede, Bupati beserta jajaran melanjutkan perjalanan menuju tempat wisata Panenjoan.

Dikatakan Bupati lebih lanjut, Jatigede nantinya akan dijadikan sebagai destinasi wisata kelas dunia, dengan membangun KEK Pariwisata Jatigede.

“Disini akan ada wisata dengan berbagai fasilitasnya seperti sport tourism, wisata kuliner, hotel, golf and resort, dan floating market sehingga Jatigede betul-betul menjadi tempat wisata yang terintegrasi dan mampu mendatangkan banyak wisatawan mencanegara yang pada akhirnya diharapkan dapat mendongkrak ekonomi masyarakat Jatigede khususnya masyarakat OTD Jatigede yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Selanjutnya rombongan juga melakukan kunjungan kebeberapa lokasi wisata seperti Tanjung Duriat, Kampung Cisema dan kampung almunium yang berada di Desa Sukamenak Kecamatan Darmaraja. Desa Sukamenak menjadi salah satu desa yang berpontesi dan diharapkan mampu mendorong perekonomian masyarakat setempat.

Di lokasi tersebut Wakil Bupati H. Erwan Setiwan membuka porum diskusi dan meminta anggota DPRD mencatat keluhan dan aspirasi dari masyarakat demi upaya terwujudnya program one village one product (satu desa satu produk) agar dapat menciptakan produk yang berkualitas dan menghasilkan produk yang mampu merangkul minat pembeli bukan hanya di Sumedang tapi di luar daerah.

“Kami terus mempromosikan Desa Sukamenak sebagai kampung alumunium, harapan kami desa ini dapat dikenal di seluruh nusantara dengan beberapa keunggulannya,” tuturnya.

Wabup menginginkan adanya desa almunium ini dapat menjadi motiovasi bagi desa-desa yang lain agar mampu menciptakan produk sendiri.

‘’ini adalah perwujudan dari kami untuk mewujudkan Sumedang Simpati yaitu Sejahtera masyarakatnya, Agamis akhlaknya, Maju daerahnya, profesional aparaturnya dan kreatif dalam membangun lapangan pekerjaan baru,” tuturnya

Kedepannya diharapkan seluruh desa dikabupaten sumedang bisa mempunyai produk-produk tersendiri yang berbeda dari desa satu dengan desa lainnya.

“Saya juga mengharapkan melalui program Garuda (gerakan wirausaha muda) kabupaten Semedang mampu menanamkan jiwa usaha kepada generasi muda yang berkompeten agar bisa menciptakan inovasi-inovasi baru dan dapat membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya,” pungkasnya. (Abas)

Categories: Pemerintahan

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com