Menyisakan 4 Km ke Jatinunggal, Bupati Sumedang Tinjau Jalan Lingkar Timur Jatigede

SUMEDANG, eljabar.com — Dalam rangkaian roadshow di hari ke-2, Kamis (05/09/2019), Bupati H Dony Ahmad Munir, Wakil Bupati H Erwan Setiawan, Anggota DPRD, dan para Kepala OPD Kabupaten Sumedang melakukan peninjauan Jalan Lingkar Timur Jatigede sepanjang 17,5 Km yang baru sampai Ciranggem dan  tinggal 4 Km lagi belum tersambung ke Jatinunggal.

“Jadi 4 Km belum tersambung. Menurut perencanaannya, insyaallah   akhir tahun ini tersambung sampai Jatinunggal dan Wado.Tahun depan, doakan mudah-mudahan tidak ada lagi perubahan, kita akan kerjakan jalan dari Pasirringkik-Darmaraja- Pajagan- Cijeungjing di Lingkar Utara. Jadi seluruh bendungan akan dikelilingi oleh Jalan Lingkar,” ujarnya.

Bupati mengatakan, dengan adanya Jalan Lingkar akan terhubung akses Jatigede dan Jatinunggal yang akan memudahkan akses orang dan barang serta akses ekonomi dan pariwisata.

“Saya berharap ke depan Jalan Lingkar bisa menjadi venue bersepeda, bahkan kelas internasional. Jadi muncul ide diadakan Tour de Jatigede. Melihat tracknya yang bagus, naik turun kalau dari sini ke Cijeungjing, ke daerah Jatinunggal. Sepanjang jalan mata kita dimanjakan oleh keindahan panorama Jatigede,” harapnya.

Setelah meninjau Jalan Lingkar,  Bupati beserta rombongan melanjutkan perjalanan ke Panenjoan Jatigede.

Dari sana telihat secara luas keindahan Jatigede dimana terdapat pulau-pulau kecil yang nampak seperti  melihat Raja Ampat dan Bromo secara bersamaan.

“Saya sangat berambisi menjadikan Jatigede destinasi wisata kelas dunia, dengan cara membangun Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Jatigede,” tuturnya.

Dikatakan Bupati, fasilitas yang akan dibangun di sana diantaranya wisata olahraga (sport tourism), wisata kuliner,  hotel, golf and resort, floating market, dan lainnya. ” Nantinya Jatigede betul-betul menjadi kawasan wisata yang terintegrasi  yang banyak mendatangkan wisatawan baik domestik maupun mancanegara,” ujar bupati.

Bupati berharap semua usaha itu dapat mendongkrak ekonomi masyarakat Jatigede  khususnya masyarakat OTD Jatigede yang berdampak  pada meningkatnya  kesejahteraan masyarakat.

“Itulah arti penting wisata maju yakni bisa mendongkrak ekonomi.  Saya mohon nanti para pelaku usaha dan para pekerjanya diutamakan warga sekitar, terlebih lagi warga yang terdampak pembangunan Waduk Jatigede,” tuturnya. (Abas)

Categories: Pemerintahan

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com