Haornas 2019: Ayo Olahraga, Dimana Saja Kapan Saja

SUMEDANG, eljabar.com — Upacara peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke 36 Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Sumedang berlangsung di Lapangan IPP Setda yang dipimpin oleh Wakil Bupati H Erwan Setiawan, Senin (9/9/2019).

Dalam sambutan Menpora RI Imam Nachrowi yang dibacakan Wakil Bupati Sumedang disebutkan, tema utama Haornas Tahun 2019 “Ayo Olahraga, Dimana Saja Kapan Saja” mengandung makna bahwa olahraga itu mudah karena dapat dilakukan dimana dan kapan saja, tidak terpaku hanya di fasilitas olahraga yang tersedia.

Haornas 2019: Ayo Olahraga, Dimana Saja Kapan SajaMenurut Menteri, Indonesia dipandang berhasil dalam membina atlet muda berbakat yang didukung oleh talent indentification dan telent scouting yang tepat. “Telah dibuktikan pula pada perhelatan Asean School Games (ASG) 2019 di Semarang. Indonesia tidak sekedar sukses menjadi tuan rumah dan memenuhi target juara umum, namun secara keseluruhan Indonesia mampu melampaui target dengan mengoleksi 43 emas, 34 perak, dan 25 perunggu,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga melalui wabup.

Selanjutnya Wabup mengatakan, pada perhelatan Asian Games dan Asian Para Games tahun 2018, Indonesia mendapat kado istimewa dari para atlet nasional. Peringkat ke-4 pada ajang Asian Games dan peringkat ke-5 pada ajang Asian Para Games.

“Itu pertanda bahwa kita telah menata fondasi olahraga prestasi yang cukup kuat dimulai dari usia dini, atlet unggulan dan atlet disabilitas. Dengan demikian kita telah memiliki harapan besar untuk membangun olahraga prestasi dengan melakukan pembinaan secara berjenjang,” ungkapnya.

Ditambahkan, untuk optimalisasi pemassalan dan pembudayaan olahraga, sesuai Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang juga ditindaklanjuti dengan Peraturan Menpora RI nomor 18 tahun 2017 tentang Gerakan Ayo Olahraga, diharapkan masyarakat sama-sama melaksanakan gerakan Olahraga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat.

“Olehraga harus menjadi kebutuhan hidup dan menjadi gaya hidup. Permasalahan terbesar saat ini yakni derajat kebugaran masyarakat Indonesia yang masih rendah, maka dengan gerakan ayo olahraga diharapkan akan menjawab permasalahan tersebut,” tukasnya.

Terahir Wabup menyampaikan rasa bangganya kepada para pahlawan-pahlawan olahraga dan peraih penghargaan olahraga.

“Semoga tetap sukses dengan perjuangannya di dalam peningkatan prestasi dan peningkatan minat masyarakat untuk berolahraga ke depannya,” pungkasnya.

Hadir pada Upacara tersebut Sekretaris Daerah, para pejabat di Lingkungan Setda, pimpinan SKPD, para guru olahraga ,siswa siwsi SMA/SMK sederajat, dan tamu undangan lainnya. (Abas)

Categories: Olahraga

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com