Wabup Sumedang: Peran Pepabri Jadi Suri Tauladan dalam Mengisi Pembangunan

SUMEDANG, eljabar.com — Hari Ulang Tahun Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Pepabri) ke-60 di Aula DPC Pepabri Kabupaten Sumedang dirayakan secara sederhana yang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh ketua DPC Pepabri Sumedang Letkol. Purn. S. Koswara, Selasa (17/9/2019).

Peringatan HUT Pepabri dihadiri Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan, unsur Forkopimda, sejumlah Kepala SKPD dan diikuti oleh seluruh jajaran kepengurusan Pepabri, LVRI, FKPPI, Pemuda Panca Marga dan Pemuda Pancasila Kabupaten Sumedang.

Ketua DPP Pepabri Jenderal TNI Purn. Agum Gumelar dalam amanatnya yang dibacakan oleh Ketua DPC Pepabri Kabupaten Sumedang Letkol. Purn. S. Koswara mengatakan, Pepabri adalah organisasi yang berwatak pejuang dituntut selalu peduli terhadap perkembangan yang terjadi dan harus ikut berperan sebagai kekuatan netral dalam menghadapi dinamika kehidupan bangsa.

Wabup Sumedang Peran Pepabri Jadi Suri Tauladan dalam Mengisi Pembangunan (1)Ia mengingatkan bahwa selalu ada kekuatan dari pihak tertentu yang secara sistematis berupaya untuk mengganti dasar negara Pancasila dengan ideologi lain dan mengganti bentuk NKRI.

“Terhadap masalah ini, Pepabri bersama komponen lain bersikap tegas tanpa ragu dan tanpa kompromi menolak. Karena hal itu bertolak belakang dengan jiwa dan semangat Sapta Marga dan Tri Brata,” ujar Agum.

Dijelaskan, sebagai wujud sikap tegas tanpa ragu dan tanpa kompromi tersebut, telah dituangkan dalam pernyataan sikap DPP Pepabri bersama TNI Polri serta LVRI yang telah disampaikan kepada Presiden melalui Menkoplhukham.

Sementara itu, Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan menyampaikan, di usianya yang ke 60, Pepabri diharapkan mampu menunjukkan peran dan eksistensinya serta menjadi suri tauladan bagi para generasi muda dalam mengisi alam pembangunan melalui berbagai aktifitas positif dalam turut membangun Kabupaten Sumedang.

Menurutnya, peran para purnawirawan sebagai orangtua dalam mendampingi kaum muda sangat diharapkan karena ada begitu banyak tantangan yang dihadapi generasi sekarang. “Terutama kaitan dengan kerukunan negara dan ideologi agar berpegang pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945,” ucapnya. (Abas)

Categories: Pemerintahan