Harhubnas 2019 Sumedang: Bakti Nyata Insan Perhubungan untuk Indonesia Unggul, Indonesia Maju

SUMEDANG, eljabar.com — Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir bertindak sebagai Pembina Upacara dalam upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2019, di Lapangan Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang, Rabu (18/09/2019).

Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi dalam sambutannya yang dibacakan oleh Bupati mengatakan, Tema dari Harhubnas Tahun 2019 “Merajut Nusantara Membangun Bangsa, Bakti Nyata Insan Perhubungan untuk Indonesia Unggul Indonesia maju” mempresentasikan bagaimana seluruh elemen Kementerian Perhubungan dan seluruh stakeholder bersama-sama secara nyata membangun konektibilitas yang sinergi guna mewujudkan transportasi yang berkeselamatan bagi seluruh masyarakat pengguna transportasi di seluruh Indonesia.

“Keberhasilan pembangunan sangat dipengaruhi oleh peranan transportasi sebagai urat nadi kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya dan pertahanan keamanan. Karena peranannya yang strategis, maka segenap SDM perhubungan dituntut memperkuat kembali komitmen dan dedikasi untuk bekerja keras di sektor transportasi guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan Menteri lebih lanjut, dalam rangka memperingati Harhubnas Tahun 2019, telah diselenggarakan beragam kegiatan dari mulai seminar, pameran, penghargaan, serta berbagai perlombaan, dengan harapan dapat menumbuhkan rasa kebersamaan jiwa korsa dan sportivitas dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya berharap peringatan Harhubnas dapat menjadi wahana meningkatkan prestasi, memperkokoh rasa persatuan, persaudaraan dan kekeluargaan segenap insan perhubungan di manapun berada. Serta semoga semangat Harhubnas ini dapat meningkatkan, memberi semangat kerja bagi pembangunan transportasi di seluruh pelosok tanah air sebagai wujud nyata,” paparnya.

Selain itu, bakti insan perhubungan pada tahun ini Kementerian Perhubungan menyelenggarakan kegiatan edukasi bertajuk perhubungan mengajar di 34 provinsi di Indonesia, dan berbagai kegiatan lainnya.

“Kegiatan ini merupakan salah satu cara pengenalan kepada generasi muda calon penerus yang bercita-cita akan berkiprah di bidang transportasi,” tuturnya.

Dengan diadakannya berbagai kegiatan, diharapkan menjadi pemicu semangat kita bersama menjadi insan perhubungan yang unggul dan tangguh dalam memberikan pelayanan perhubungan yang optimal untuk Indonesia. “Semoga kita dapat mewujudkan semboyan perhubungan yaitu “Wahana Manghayu Warga Pertiwi”, yang artinya perhubungan adalah wahana untuk mensejahterakan bangsa dan negara” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati dalam keterangannya usai memimpin upacara mengatakan, dengan diperingatinya Harhubnas di Sumedang, diharapkan dapat memotivasi para insan Perhubungan untuk meningkatkan kinerjanya, serta dapat merefleksikan Lima Citra Manusia Perhubungan.

“Saya berharap Dinas Perhubungan Sumedang dapat menjadi rule model sebagai Dinas Perhubungan terbaik di Jawa Barat dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyaraka,t terutama di bidang transportasi dan bisa menjamin keselamatan dalam bertransportasi” tukasnya.

Pada kesempatan tersebut diberikan pula cinderamata kepada para pegawai purnabakti sebanyak 8 orang, uang kadeudeuh kepada pegawai non PNS sebanyak 8 orang, dan alat tulis kepada anak para awak angkutan sebanyak 20 orang. (Abas)

Categories: Pemerintahan