Setelah 11 Tahun, 46 Rumah di Desa Ciulur Kini Dipasangi Listrik

SUMEDANG, eljabar.com — Setelah hampir lebih dari 11 tahun tanpa sambungan listrik ke rumahnya, Wahyudin (36) warga Dusun Ciulur RT 01 RW 04 Desa Trunamanggala Kecamatan Cimalaka kini dipasangi listrik.

Ia bersama 45 KK lainnya di Desa Ciulur mendapatkan bantuan pemasangan gratis listrik 450 VA sebagai bentuk CSR (coorporate social responsibility) dari PT Cikarang Listrindo yang secara simbolis diserahkan oleh Dirjen Kelistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana didampingi oleh Direktur PT Cikarang Listrindo Matius Sugiaman dan disaksikan oleh Bupati H Dony Ahmad Munir, Rabu (18/9) di Dusun Desa Trunamanggala Kecamatan Cimalaka.

Setelah 11 Tahun, 46 Rumah di Desa Ciulur Kini Dipasangi Listrik (1)Dua KK penerima simbolis lainnya adalah Asep Rangga (42) tetangga Wahyudin dan Obos (55) yang tinggal di RW yang berbeda namun masih di dusun dan desa yang sama.

Selama ini, untuk memenuhi kebutuhan listrik sehari-hari Wahyudin memakai sambungan (levering) dari rumah mertuanya yang tidak begitu jauh dari rumahnya. “Sebelumnya sejak berumah tangga saya ‘nyolok’ listrik dari Bapak (mertua), alhamdulillah sekarang bisa sendiri,” ujarnya.

Wajah bahagia tampak dari pria yang sehari-hari bekerja di pabrik tahu tersebut setelah mendapatkan bantuan pemasangan gratis listrik. “Sekarang pasang lampu (di rumah) bisa banyak. Sudah beli kulkas pula. Rencananya mau jualan es,” ucapnya dengan raut wajah bahagia.

Penyerahan bantuan ditandai dengan pengisian token perdana dan penyalaan lampu oleh Dirjen Kelistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana, pemasangan stiker oleh Direktur Komersial PT Cikarang Listrindo Matius Sugiaman, serta penyerahan sertfikat LSO dan ‘goodie bag’ kepada penerima bantuan oleh Bupati Sumedang dan GM PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Barat Iwan Purwana.

Dirjen Kelistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana melaporkan kedatangannya ke Sumedang adalah untuk memastikan Program Sambung Gratis Listrik bisa berjalan lancar dan tepat sasaran. “Ini dalam rangka mewujudkan energi yang berkeadilan. Artinya energi listrik bisa dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia, termasuk rumah tangga yang tidak mampu,” ujarnya.

Dikatakan olehnya, se-Indonesia masih ada sekira 710.000 KK yang belum terpasang listrik dan memerlukan bantuan. “Bantuan dalam program ini tidak mengambil dari APBN, tetapi sumbangan kontribusi dari perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor ESDM, diantaranya 11.500 KK oleh PT Cikarang Listrindo,” tuturnya.

Di Kabupaten Sumedang, lanjut Dirjen, sebanyak 2.012 KK yang terdaftar dalam Basis Data Terpadu (BDT) Rumah Tangga Miskin mendapatkan bantuan dalam Program Sambung Gratis Listrik. “Dari 7.415 KK di Sumedang yang belum terpasang listrik, 940 KK belum masuk BDT. Yang siap pasang ada 2.012 KK. Atas permintaan Bupati menjadi sekitar 3.000 KK. Jadi sisanya ada sekitar 4.000 KK yang belum,” terangnya.

Bupati H. Dony Ahmad Munir bersyukur atas terpasangnya listrik bagi 3000 KK di Kabupaten Sumedang melalui program Sambung Gratis Listrik. “Terima kasih kepada semua pihak dalam program ini, semoga menjadi amal kebaikan. Sebagaimana bunyi hadits bahwa barang siapa yang memberi penerangan sewaktu di dunia, ia akan mendapat penerangan di alam akhirat,” ucapnya.

Bupati melaporkan, rasio elektrifikasi di Kabupaten Sumedang sudah mencapai lebih dari 99 %. Sisanya menjadi program bersama antara Kementerian ESDM, Pemerintah Provinsi dan Pemda Sumedang. “Jadi hanya sedikit lagi yang belum. Mudah-mudahan yang 4000 KK ini di Desember 2019 sudah terpenuhi. Sumbernya bisa APBD Kabupaten atau Provinsi, bisa juga melalui CSR seperti ini,” kata Bupati.

Tampak hadir pula Deputi Direktur Komersial PT Cikarang Listrindo Yudho Pratikto, Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sumedang Wahyu Ahadi, Forkopimka Kecamatan Cimalaka, jajaran pemerintahan Desa Trunamanggala dan tokoh masyarakat setempat. (Abas)

Categories: Pemerintahan