Kementrian PUPR Targetkan Tol Cisumdawu Rampung di Tahun 2020

SUMEDANG, eljabar.com — Proyek strategis nasional Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi, Sumedang, Dawuan) ditargetkan rampung pada Tahun 2020. Hal tersebut terungkap pada acara Penandatanganan MoU antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) PPK Tol Cisumdawu II dengan DPD Asprumnas Sumedang di Bale Mahoni Hotel Asri Asia Plaza, Kamis (19/09) yang disaksikan Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir.

Penandatanganan dihadiri oleh Ketua PPK Pengadaan tanah Tol Cisumdawu Kementrian PUPR Wisnu Priambodo, Ketua pusat DPD Asprumnas Pusat M. Syawali, Ketua DPW ASPRUMNAS Jawa Barat Erdy Taufana, Ketua Asprumnas Sumedang Riki Fazri Sujana, para Camat yang wliayahnya dilewati ruas tol antara lain Cimalaka, Paseh, Sumedang Utara, Sumedang Selatan dan tamu undangan lainnya.

Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang, Bupati menyampaikan silaturahmi dan mengajak bersama-sama membangun Sumedang serta menjadi bagian solusi untuk mengatasi persoalan yang ada.

“Berkaitan dengan proyek strategis nasional ini, tentunya menjadi kewajiban kita bersama untuk mengawal, mengamankan dan mensukseskannya. Butuh komitmen semua pihak, perlu sinergi (stakholder) yang ada, sehingga proyek di Sumedang ini bisa betul-betul terlaksana dengan baik, terwujud sesuai dengan target yang diharapkan, berdayaguna dan eksesnya bisa diminimalisir,” ujarnya.

Kementrian PUPR Targetkan Tol Cisumdawu Rampung 2020 (1)Ia menyambut baik dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas penandatanganan MoU tersebut.

“Saya sangat menyambut baik dan menanggapi positif penandatanganan MoU ini karena menjadi bagian solusi untuk mengatasi ekses yang selama ini ada,” ujarnya.

Dikatakan, Asrumnas hadir untuk memberikan sebuah alternatif bagi masyarakat melakukan MoU dengan Satker sehingga masyarakat yang sudah mendapatkan penggantian dapat memiliki rumah kembali dengan fasilitas yang mudah, memadai dan tentunya bersaing dengan baik.

“Saya harap MoU ini bisa dijaga dan dilaksanakan dengan baik dan menjadi role model (proyek-proyek) lainnya,” tutur Bupati.

Bupati berharap Tahun 2020 Tol Cisumdawu bisa terealisasi dan dapat memberikan manfaat dari berbagai sisi. “Semoga bisa cepat selesai seuai target dan bermanfaat, baik dari aspek ekonomi maupun pengembangan pariwisata yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PPK Pengadaan Tanah ToL Cisandawu Kementerian PUPR Wisnu Priambodo menyebutkan bahwa Jalan Tol Cisumdawu ditargetkan bisa beroperasi pada tahun 2020.

“Oleh karena itu, kita diminta untuk menyelesaikannya pada Tahun 2019. Alhamdulillah pada hari ini kita sudah berproses untuk di seluruh desa yaitu 19 desa di 5 Kecamatan di Kabupaten Sumedang,” tuturnya.

Untuk ke depannya, lanjut Wisnu, target begitu ketat sehingga memerlukan bantuan dari seluruh pihak untuk mencoba meminimalisir permasalahan yang mungkin timbul sehingga proyek jalan tol tersebut dapat berhasil. (Abas)

Categories: Nasional