300 Pendekar Berebut Thropy Bergilir Bupati Sumedang di Kejuaraan Pencak Silat Putra Sunda Cup V 2019

SUMEDANG, eljabar.com — Sebanyak 300 orang atlet Pencak Silat dari berbagai Perguruan Pencak Silat se-Kabupaten Sumedang bertanding di GOR H Dadan Hendarsyah memperebutkan Thropy Bergilir Bupati Sumedang dalam Kejuaraan Pencak Silat bertajuk Putra Sunda Cup V 2019, Jumat (04/10/2019).

Ketua Panitia Usman Priatna Somantri dalam laporannya mengatakan, untuk mewujudkan kejuaraan tersebut begitu banyak hambatan, rintangan, dan godaan yang pihaknya dapati. “Perjalanan kegiatan Putra Sunda Cup ini begitu panjang dan berat. Pada pelaksanaan Putra Sunda Cup (tahun) kemarin dikatakan bahwa Putra Sunda Cup ke V akan ada ketika Pa Dony jadi Bupati Sumedang. Ini buktinya. Saya sangat berterimkasih berkat dukungan beliau Putra Sunda Cup bisa kembali digelar,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir dalam sambutannya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Paguron Putra Sunda yang saat ini bisa melaksanaan kejuaraan pencak silat Putra Sunda Cup yang ke V.

“Mudah-mudahan kegiatan ini akan terus berlanjut dan memberikan wahana bagi atlet pencak silat dan untuk mengembangkan potensi dirinya masing- masing, bisa menghasilkan atlet-atlet pencak silat di Kabupaten Sumedang yang akan mengharumkan nama baik Kabupaten Sumedang,” ungkapnya

Ia menambahkan, ada beberapa makna yang bisa kita ambil dalam kejuaraan pencak silat ini, makna pertama kegiatan ini menjadi wahana silaturahmi bagi seluruh paguron pencak silat yang ada di Kabupaten Sumedang dan makna yang ke dua adalah menjadi wahana tempat untuk mengembangkan potensi yang ada pada para “pendekar” (atlet) pencak silat di Kabupaten Sumedang mengembangkan potensinya, minat bakatnya melalui kejuaran ini.

“Mudah-mudahan dengan kejuaran ini kita bisa melihat potensi atlet pencak silat yang ada di Kabupaten Sumedang. Atlet- atlet yang berprestasi hasil dari kejuaran ini akan menjadi wakil- wakil Sumedang untuk kejuaran- kejuaraan selanjutnya,” ujarnya.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan suatu saat lahir atlet pencak silat Sumedang yang bisa menjuarai PON, SEA Games, Asian Games. “Insyaallah tidak ada yang mustahil semuanya bisa terwujud. Saya yakin ke depannya akan lahir peraih medali emas dari Kabupaten Sumedang,” tegasnya

Terakhir ia menambahkan, dengan kejuaraan tersebut bisa turut mengembangkan dan memajukan pencak silat di Kabupaten Sumedang dan Negara Indonesia. “Pencak silat lahir di Indonesia. Mari kita jaga, mari kita lestarikan, mari kita kembangkan dan mari kita majukan bersama- sama,” ajaknya.

Diharapkan pula dengan pencak silat lahir pula sikap yang sportif, ksatria, jujur pada diri generasi muda. “Selamat mengikuti Kejuaraan Putra Sunda Cup yang ke V. Tidak ada kemajuan tanpa berkompetensi, kompetisi yang sehat itulah awal dari perubahan, awal kemajuan,” pungkasnya. (Abas)

Categories: Olahraga