Menyoal Penataan Ruang Anggota, PPK Masih Bungkam

Syahrir, Mantan Ketua Komisi I : “Komisi I hanya sebagai mitra”

BANDUNG, eljabar.com —  Penataan ruang anggota DPRD Jawa Barat yang molor dari jadwal batas penyelesaian pengerjaan, masih belum ada penjelasan sedikitpun dari pihak Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Bambang Nugraha.

Begitu juga Sekretaris DPRD Jawa Barat, Toto Muhamad Toha, belum memberikan penjelasan apapun terkait penataan ruang anggota yang menyisakan permasalahan. Mengingat kegiatan yang menelan biaya sekitar 2,1 milyar rupiah ini, sampai saat ini masih belum beres.

Padahal anggota DPRD Jawa Barat yang sudah dilantik sebulan yang lalu, sudah mulai menjalankan aktivitasnya. Dan mereka tentu membutuhkan dukungan sarana dan fasilitas untuk menunjang kerjanya.

Sementara itu salah seorang anggota Fraksi Gerindra yang juga mantan Ketua Komisi I, H. Syahrir, saat diminta tanggapannya oleh eljabar.com, Jum’at (4/10) seputar molornya pengerjaan penataan ruang anggota dari jadwal, tidak banyak komentar.

“Coba cek, jadwal kegiatannya di bagian umum. Komisi 1 hanya sebagai mitra kerja saja, penjadwalan kegiatan pelaksanaan dan lain-lain ada di bagian umum ya,” ujar Syahrir, kepada elJabar.com, Jum’at (4/10/2019).

Padahal Komisi I yang notabene menjadi mitra kerja Sekretariat DPRD Jabar, mestinya peduli untuk mengontrol kegiatan yang dilakukan oleh Sekretariat DPRD. H. Syahrir sebagai mantan Ketua Komisi I, sepertinya enggan menanggapi permasalahan yang ada di Sekretariat DPRD saat ini.

Sebagaimana diatur dalamTatib DPRD Jawa Barat, sesuai dengan kewenangannya, semestinya Komisi memastikan terlaksananya kewajiban daerah dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan kewajiban lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dan kegiatan penataan ruang anggota yang dibiayai APBD serta menagcu pada peraturan presiden tentang pengadaan barang dan jasa, semestinya menjadi wilayah pengawasan Komisi di DPRD.

Sementara itu dari pihak pengusaha selaku pelaksana kegiatan penataan ruang anggota, elJabar.com belum mendapatkan keterangan apapun. (muis)

Categories: Hukum