Akan Bekerja di Jepang, Pemkab Sumedang Sosialisasikan Cara Daftar dan Proses Seleksi

SUMEDANG, eljabar.com — Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan membuka Sosialisasi Persiapan Pendaftaran dan Seleksi Calon Tenaga Kerja Keluar Negeri (Jepang) Tahun 2019 di Balai Desa Tanjungsari, Sumedang, Selasa (08/10/2019).

Sosialisasi yang diinisiasi oleh Dinaskertrans tersebut diikuti Camat Tanjungsari, Camat Sukasari, Camat Pamulihan, Camat Cimanggung, Camat Jatinangor, para kepala desa di lima kecamatan, dan para kepala sekolah SMA dan sederajat.

Wabup H. Erwan Setiawan dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang telah bekerjasama dengan Pemerintah Wakayama Jepang dalam rangka penyiapan dan penempatan tenaga kerja asal Kabupaten Sumedang pada sektor-sektor yang dibutuhkan di Jepang.

“Diperlukan adanya skill atau keterampilan, penguasaan bahasa, serta pemahaman budaya setempat,” ujarnya.

Wabup mengapresiasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang yang telah memfasilitasi pelatihan kerja melalui lembaga pelatihan kerja milik pemerintah ataupun swasta yang telah terakreditasi.

“Untuk mendaptakan calon tenaga kerja yang kompeten, tentunya perlu dukungan dari berbagai pihak, salah satunya adanya sekolah yang dipersiapkan untuk mencetak tenaga kerja,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bagi yang ingin bekerja ke luar negeri, pihak sekolah dapat membantu mempersiapkan siswa kelas XII sebagai calon pekerja ke luar negeri dengan memberikan tambahan pelajaran bahasa asing sesuai arah minat negara tujuan bekerja.

“Saya harap akan membantu serapan lulusan SMA/SMK/MA yang pada akhirnya akan berdampak pada pengurangan angka kemiskinan dan pengangguran yang menjadi target indikantor kinerja utama pemerintah Kabupaten Sumedang,” ujarnya.

Terakhir Wabup menghimbau kepada pemerintah desa dan kecamatan agar dapat memfasilitasi pemenuhan persyaratan administrasi kependudukan calon peserta, melakukan pemantauan proses pemberangkatan dan kepulangan pekerja, terutama melakukan pemberdayaan kepada calon pekerja dan keluarganya.

“Saya berpesan agar saudara-saudara mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dengan harapan dapat menyampaikan kembali kepada calon pekerja ke luar negeri lainnya sehingga akan banyak yang mendaftar untuk ikut seleksi program kerja ke luar negeri dalam hal ini negara Jepang,” harapnya. (Abas)

Categories: Pemerintahan