Bambang Gunawan: Pengurus Partai Bertanggung Jawab dalam Pendidikan Politik

BOGOR, eljabar.com,– Dalam sebuah wawancara ekslusif, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, H. Bambang Gunawan memaparkan tugas, fungsi dan kepengurusan partai.

Dia menjelaskan, partai politik senantiasa harus menjalankan tugas mendidik masyarakat agar bisa mengetahui hak dan kewajibannya dalam berdemokrasi yang merupakan kewenangan besar partai politik dalam konstitusi.

“Jadi partai itu jangan dimaknai hanya untuk mengurusi pencalonan pemimpin nasional dan daerah saja. Partai bukan sekadar soal hak privilege untuk memilih presiden, wakil presiden, gubernur, bupati, wali kota, membuat UU, dan mengubah UU. Memang itu tugas dan hak privilege parpol. Namun, ada lagi tugas lebih mulia yang tidak kalah penting dan strategis, yakni bertanggung jawab dalam pendidikan politik dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Ini tugas paling mulia,” ungkap Bambang, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat 1 November 2019.

Menurut pria berkepala plontos itu, pengurus partai harus bisa melayani masyarakat tanpa harus melihat kapan waktunya.

“Pengurus partai harus selalu siap sedia, bahkan setengah nyawanya milik rakyat. Nyawa di sini bukan berarti harus mati, intinya privasi kita diambil 50 persen. Pengurus partai harus siap mewakafkan privasi tenaga dan pikiran untuk memengurusi masyarakat,” jelas dia.

Bambang lalu menegaskan bahwa PDI Perjuangan tercipta untuk kepentingan rakyat dan Negara, sehingga PDI Perjuangan berpegang kepada Pancasila sebagai dasar negara.

“Idoelogi negara ini berperan sebagai pemersatu. Karena itu, ketika Pancasila sebagai ideologi kebangsaan ditinggalkan, tidak mendapat penghormatan layaknya di bumi Pancasila. Secara internal, kita juga menjaga ritme keseimbangan dalam menjalankan hak dan kewajiban dalam berdemokrasi,” imbuhnya.

Menurut dia, peran terpenting lainnya dari partai politik adalah pendidikan politik bagi rakyat karena setiap persoalan kehidupan rakyat sangat erat dengan kebijakan-kebijakan politik.

“Kita harus bisa memberikan edukasi atau pendidikan politik bagi rakyat. Saya pikir semua partai melalukan hal itu. Karena jika rakyat tahu persoalan politik pasti akan terjadi konsolidasi politik. Semua hal dari kita itu ditentukan oleh kebijakan-kebijakan politik,” katanya.

Demikian juga dengan PDI Perjuangan yang menurutnya sadar betul akan hal tersebut. “Maka kita memiliki misi agar rakyat memiliki pendidikan politik yang baik, agar dapat menjadi alat kontrol,” tuturnya.

Bambang meminta seluruh kader PDI Perjuangan untuk mengimplementasikan fungsi pokok partai agar rakyat Indonesia semakin cerdas dan memahami keberadaan partai.

“PDI Perjuangan telah berkomitmen membangun Indonesia maju dengan rakyatnya yang sejahtera dan cerdas. Bersama rakyat, semoga PDI Perjuangan bisa mewujudkan itu semua,” tandas Bambang mengakhiri wawancara. (Yadi)

Sumber: patrolicyber.com

Categories: Politik