UBS Youth-Con 2019, Ajang Adu Kreativitas Anak Muda

Pemenang dapat Hadiah ke Singapura dari STB

SURABAYA, eljabar.com – Ajang temu anak muda terbesar di Indonesia, UBS Youth-Con, kembali diselenggarakan tahun ini. Mengusung slogan/tema “Aku Punya Ide”, DBL Indonesia selaku penyelenggara menantang anak muda beradu kreativitas dalam merealisasikan ide-ide keren mereka lewat beragam karya interaktif. Berlangsung pada 1-10 November 2019 di SCC Pakuwon Mall Surabaya, pesta anak muda ini resmi dibuka hari ini (1/11).

Salah satu kompetisi yang paling menyita perhatian adalah UBS Dig Idea. Setiap tim terdiri dari 10-15 orang yang berasal dari satu sekolah yang sama. Mereka didorong menjadi calon pendiri start-up dengan ide-ide yang harus out of the box. Namun tetap harus sejalan dengan 17 tujuan konsep SDGs (Sustainable Development Goals) yang telah disepakati oleh para pemimpin dunia.

Misalnya, tim dari SMAN 11 Surabaya yang mengusung SDGs Clean Energy dengan membuat aplikasi bernama Minjel. Aplikasi ini menjembatani user dengan pemasok untuk mendaur ulang limbah minyak jelantah menjadi pengharum ruangan. Selain itu, ada juga aplikasi bernama Ifler, yang berguna untuk melindungi penggunanya dari kekerasan saat berjalan sendirian.

INTERAKTIF: Jolene Goh, Area Director Singapore Tourism Board asyik mencoba games yang ditawarkan oleh salah satu peserta supporting event UBS Dig Idea pada booth yang telah dikreasikan sekreatif mungkin.

Selain kompetisi UBS Dig Idea, bakal ada 236 karya dari 15 supporting event berbeda yang dibuat oleh ribuan pelajar sekolah se-Jawa Timur. Misalnya, kompetisi mendesain perhiasan, membuat karya seni instalasi, olah vokal, hingga stage performance. Setiap peserta diharapkan mampu mempresentasikan karyanya dengan baik, serta menunjukkan sisi interaktif dan keunikan karya tersebut.

Berbagai kompetisi yang diadakan tersebut tidak lepas dari dukungan PT Untung Bersama Sejahtera (UBS), selaku partner utama. UBS telah bersinergi dengan DBL Indonesia dari tahun ke tahun untuk membakar semangat positif anak muda, agar memunculkan apa saja yang ada dalam pikirannya.

“UBS Youth-Con ini selalu menunjukkan pendekatan yang sesuai untuk anak muda. Kompetisi ini berhasil menampung ide-ide mereka yang semakin berkembang di era digital ini,” ungkap Erwin Suganda, Creative Director PT Untung Bersama Sejahtera.

Azrul Ananda, CEO dan Founder DBL Indonesia selaku penyelenggara, mengangkat campaign Aku Punya Ide karena melihat potensi anak muda masa kini yang tak terbendung. Selain itu harapannya, generasi penerus bangsa ini bisa menciptakan hal baru yang dapat bermanfaat untuk lingkungan sekitar.

“Anak muda selalu menjadi daya tarik sendiri bagi DBL Indonesia dapat mengeksplorasi bakat mereka dan mengajak mereka untuk berkegiatan positif,” ungkapnya.

Tahun ini menjadi tahun istimewa untuk UBS Youth-Con, khususnya dengan partisipasi Singapore Tourism Board (STB) sebagai partner dalam kompetisi anak muda untuk pertama kali. STB akan mensponsori hadiah perjalanan ke Singapura guna menghadirkan pengalaman menarik bagi 17 pelajar dan 3 guru yang masuk kategori best school. Mereka akan berkesempatan melihat dan merasakan sisi lain Singapura dengan beragam pilihan dan keunggulan yang ditawarkan dari pendidikan luar kelas secara menyeluruh.

PRESS CONFERENCE: (Dari kiri) Jolene Goh, Area Director Singapore Tourism Board, Erwin Suganda, Creative Director PT. Untung Bersama Sejahtera (UBS), Masany Audri, Direktur PT DBL Indonesia memberikan semangat kepada para peserta agar tidak menyerah menjadi yang terbaik pada press conference yang diadakan di Prefunction SCC Pakuwon Mall, Surabaya.

“Sebagaimana Youth Con memotivasi generasi muda untuk mengekspresikan ide-ide dan kreativitas mereka, kami ingin mengajak para pelajar Indonesia untuk merasakan Singapura sebagai sebuah destinasi yang dapat menginspirasi mereka dalam mengejar passion. Tim yang diundang ke Singapura akan berkesempatan untuk melihat langsung dan bertemu dengan warga setempat, mengeksplorasi lebih dalam, mulai dari lokakarya langsung dengan bakat-bakat yang kami miliki hingga kunjungan ke beberapa tempat wisata utama untuk melihat apa yang terjadi di balik layar. Sebuah pengalaman yang kami yakin akan memperkaya wawasan mereka tentang besarnya peluang untuk berkarya di masa depan. Karena di Singapura passion bisa menjadi nyata,” ujar Jolene Goh selaku Area Director Singapore Tourism Board Surabaya.

“Kami juga berharap para murid, guru dan orang tua mendapatkan gambaran mengenai sebagian besar program ekstrakurikuler berkualitas di Singapura yang memberdayakan siswa untuk menemukan bakat mereka sendiri serta menumbuhkan passion untuk terus belajar,” tambahnya.

Pesta kreativitas anak muda UBS Youth-Con 2019 ini akan berlangsung hingga 10 November 2019. Nantinya akan ada malam puncak final Active Series Alpha Girls pada 8 November yang dimeriahkan oleh penyanyi solo pelantun lagu “Dari Mata”, Jaz Hayat. Tak ketinggalan, band Nidji akan menggebrak hari terakhir UBS Youth-Con 2019. (*)

Categories: Pendidikan

Tags: ,,,