Leopard IPDN Bantu Perbaikan Rumah Atang yang Hangus Dilalap Si Jago Merah

SUMEDANG, eljabar.com — Komunitas motor trail Leopard IPDN membantu pembangunan rumah korban kebakaran milik Atang (70) di Kampung Sukajadi RT 05 RW 03, Desa Cibeusi, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Rumah berukuran 4×6 meter itu hangus dilalap Si Jago Merah akibat arus pendek listrik pada Minggu (3/11/2019) sekira pukul 15.30 WIB. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, hanya saja rumah Atang hancur akibat besarnya api.

“Saat kejadian, cuaca sedang hujan. Kabel listrik terbuka hingga mengakibatkan konsleting. Kemudian ada percikan api yang langsung merembet ke rumah,” kata Atang, Selasa (4/11/2019).

Sejak kebakaran tersebut, Atang belum pernah menerima bantuan dari pihak pemerintah, meski ada pihak yang memantau dan memfoto rumahnya.

“Rumah saya sudah berusia 80 tahun. Dan untuk memperbaikinya tidak sanggup karena saya bekerja serabutan,” ungkap Atang.

Sementara itu, Ketua Leopard IPDN, H. Adam Ismail mengaku siap membantu perbaikan rumah Atang dari awal hingga akhir. Dirinya mengaku prihatin dengan kondisi rumah Atang yang sudah lapuk dimakan usia, ditambah terkena bencana kebakaran.

“Kami dari kelompok motor trail siap membantu. Sekarang tahapannya baru pada pendataan material yang diperlukan. Selanjutnya akan dibangun secara gotong-royong,” katanya.

Ketua RW 03 Desa Cibeusi, Usup menerangkan, kediaman Atang juga tidak terkaper bantuan rutilahu dari pemprov maupun dinas permukiman karena tidak masuk persyaratan.

“Salah satu syarat menerima bantuan rutilahu yaitu minimal satu rumah dihuni 3 anggota keluarga. Kalau ini kan hanya satu orang. Kemudian oleh desa dianggarkan ke dana desa. Namun sampai sekarang belum ada realisasinya,” tukasnya. (Abas)

Categories: Regional

Tags: ,,