Pemkab Sumedang Evaluasi Program Keolahragaan

SUMEDANG, eljabar.com — Rapat koordinasi bidang keolahragaan merupakan sebuah komitmen dan langkah strategis untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program dan kegiatan di bidang keolahragaan.

Hal tersebut dikatakan Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan pada saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi Bidang Keolahragaan Kabupaten Sumedang 2019, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Cakrabuana, Rabu (6/11/2019).

Menurut Wabup, Rakor merupakan suatu hal yang penting dalam menunjang kelancaran program kegiatan yang akan dilaksanakan karena dapat memberikan gambaran mengenai keberhasilan dan hambatan, serta merumuskan kegiatan di bidang keolahragaan yang lebih baik.

“Tujuannya adalah agar lebih terintegrasi, lebih bersinergi, efektif serta berkesinambungan sehingga akan terjalin kesamaan gerak dan langkah dalam pelaksanaan program bidang keolahragaan di Kabupaten Sumedang,” ucap wabup.

Pembinaan dan pengembangan olahraga, lanjut Wabup, meliputi lima kegiatan diantaranya pembinaan dan pengembangan olahraga pendidikan, pembinaan pengembangan olahraga kreasi, pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi, pembinaan dan pengembangan olahraga profesional, serta pembinaan dan pengembangan olahraga penyandang cacat.

“Merujuk kepada hal tersebut, Pemkab mempunyai tugas untuk melaksanakan kebijakan dan mengkoordinasikan pembinaan dan pengembangan keolahragaan serta melaksanakan standarisasi bidang keolahragaan,” tuturnya.

Dikatakan wabup, pemkab juga mempunyai kewenangan untuk mengatur, membina, mengembangkan, melaksanakan, dan mengawasi penyelenggaraan keolahragaan di daerah.

“Untuk itu, koordinasi dan kerjasama dari semua pihak, baik pemerintah daerah maupun stakeholder dalam pembinaan olahraga harus dioptimalkan,” tuturnya.

Hal tersebut dimulai dari rencana kerja secara menyeluruh, terpadu, terarah, dan berkelanjutan dalam setiap bidang yang akan dijalankan.

Sementara itu, Plt. Kabag Kesra, H. Rusyana selaku Ketua Panitia Penyelenggara Rakor mengatakan, maksud dilaksanakannya Rakor tersebut sebagai sarana sinergitas dan koordinasi dengan stakeholder dalam membangun bidang keolahragaan.

“Dengan dilaksanakannya Rakor ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang kebijakan dan program Pemprov Jawa Barat dan Pemkab Sumedang dalam bidang olahraga,” paparnya.

Rakor tersebut dihadiri oleh, Kepala Seksi Pengembangan Olahraga Prestasi Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat, Kepala Disparbudpora Kabupaten Sumedang beserta jajaran, Ketua KONI Sumedang beserta jajaran, insan olahraga dan para ketua cabang olahraga. (Abas)

Categories: Pemerintahan