Dekranasda Sumedang Bersama PT Shopee Latih Pelaku UMKM Pemasaran Online

SUMEDANG, eljabar.com — Dalam rangka memfasilitasi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam memasarkan produk-produknya melalui internet (online), Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sumedang bekerjasama dengan PT Shopee Internasional Indonesia menyelenggarakan Pelatihan dan Kerjasama Pemasaran UMKM secara Online.

Pelatihan yang berlangsung di Aula Tampomas IPP tersebut dibuka langsung oleh Bupati H. Dony Ahmad Munir, Rabu (6/11/2019), dan diikuti oleh ratusan peserta.

Ketua Dekranasda Kabupaten Sumedang Hj. Susi Gantini, S.Si dalam sambutanya mengatakan, tujuan pelatihan muaranya adalah untuk mensejahterakan masyarakat Sumedang dengan cara menggandeng PT. Shopee Internasional Indonesia sebagai mitra kerja sama.

“Kita berharap kegiatan ini akan melahirkan banyak seller-seller baru melalui Shopee dari para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Sumedang,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa Dekranasda merupakan lembaga independen dan nirlaba sebagai wadah pemangku kepentingan di bidang seni kerajinan sekaligus sebagai mitra pemerintah dalam menggerakkan sektor ekonomi potensial berbasis usaha kecil menengah.

“Kami berharap dengan pelatihan ini dapat merangkul masyarakat yang bergerak di bidang usaha kerajinan, kuliner, dan usaha kecil lainnya dalam pemasarannya dimana di era digital segala sesuatu serba online. Untuk itu, kita bekerjasama dengan PT. Shopee,” tukasnya.

Ia menambahkan, peserta pelatihan sebanyak 200 orang dan dibagi menjadi dua gelombang. Sedangkan narasumber semuanya dari PT Shopee.

“Mengingat tingginya antusiasme peserta, pendaftaran dibatas hanya sampai 200 orang. Di hari pertama 100 orang. Hari kedua pun 100 orang,” tuturnya.

Susi pun berharap ke depannya PT. Shopee bisa bekerjasama lagi untuk memberikan pelatihan- pelatihan serupa kepada masyarakat.

“Saya harap kegiatan ini bisa digelar kembali karena bisa memacu semangat para pelaku usaha menjalankan usahanya sehingga benar-benar bisa meningkatkan perekonomian di Kabupaten Sumedang,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir dalam sambutannya mengatakan, melalui digital marketing seperti lapak Shopee, para pelaku UMKM bisa terus meningkatkan kualitasnya produknya agar bisa laku.

“Semoga kegiatan ini menjadi motivasi bagi pelaku UMKM sehingga betul-betul menjadikan produk yang kompetitif, memiliki nilai keunggualan dalam bersaing,” ungkapnya.

Ia menambahkan, produk yang ditampilkan harus betul-betul berkualitas dan ada narasi yang membuat orang tertarik untuk membeli produk kita.

“Saya harap dengan kegiatan ini para pelaku usaha bisa menjaga produknya tetap berkualitas. Sekali kita berbohong akan menyebar kemana-mana. Harus menjaga kepercayaan pelanggan dan harus menjaga kontinitas barang,” ujarnya.

Menurut Bupati, mau tidak mau digital marketing sekarang ini menjadi keharusan. Oleh karena itu Bupati berpesan agar peserta memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kapasitas, pemahaman, dan pengetahuan.

“Manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Shopee telah menjadi marketplace yang luar biasa dan punya laman khusus yaitu kreasi nusantara untuk memasarkan produk lokal atau daerah,” tuturnya.

Bupati juga meminta agar sukses atau tidaknya program tersebut harus jelas terukur melalui indikantor kinerjanya.

“Saya minta Dinas bisa mengukur tindak lanjut dari pelatihan ini. Berapa UMKM yang aktif dan tidak. Semuanya harus terdata dan terukur dengan baik,” pungkasnya. (Abas)

Categories: Ekonomi