Cegah Praktik Rentenir, Pemkab Sumedang Dirikan Koperasi Syariah di Tiap Masjid Besar

SUMEDANG, eljabar.com — Koperasi Syari’ah yang ada pada setiap mesjid besar kecamatan di Kabupaten Sumedang diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan  ekonomi umat, khususnya yang membutuhkan modal usaha sekaligus mencegah praktik rentenir.

Hal tersebut dikatakan Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir saat menyerahkan hibah komputer dan printer kepada DKM Masjid Besar se-Kabupaten Sumedang di Gedung Negara, Jumat (8/11/2019).

Dikatakan Bupati, masyarakat akan terbantu dengan kehadiran Koperasi Syariah di setiap mesjid besar. Oleh karena itu, eksistensinya akan selalu diperhatikan.

“Pemerintah daerah akan terus memperhatikan keberadaan Koperasi  Syariah di tiap kecamatan ini karena  merupakan salah satu alat untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat, menciptakan lapangan pekerjaan, menurunkan angka kemiskinan, serta memberantas peran rentenir yang semakin merajalela di Kabupaten Sumedang ini,” ungkapnya.

Bupati juga berharap kepada dinas-dinas terkait untuk membantu mendorong keberadaan Koperasi Syariah tersebut.

“Harapan saya setelah 26 mesjid besar sukses, Koperasi Syariah akan turun ke mesjid-mesjid jami di setiap desa. Jadi jaga terus marwah Koperasi Syariah ini. Terus kembangkan dan terus berinovasi serta harus inovatif dan adaptif pada perkembangan jaman,” harapnya.

Menurut Bupati, saat ini Kabupaten Sumedang menuju digital region sehingga segala sesuatunya menggunakan internet yang bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan telah ditambahnya perangkat komputer pada setiap mesjid besar, para pengelola bisa beradaptasi dengan kondisi jaman, dan keberadaan Koperasi Syariah akan semakin eksis,” ucapnya.

Sementara itu, Kasi Kelembagaan dan SDM pada Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumedang Ade Efendi sebagai ketua penyelenggara mengatakan,  keberadaan Koperas Syariah Masjid Besar di Kabupaten Sumedang bertujuan untuk membantu program Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang untuk mengentaskan kemiskinan dan kemakmuran di Kabupaten Sumedang.

“Karena Koperasi Syariah menjadi program unggulan pemerintah, saya berharap Koperasi Syariah menjadi lembaga keuangan yang berfungsi sebagai jembatan ekonomi umat dalam rangka mensejahterakan anggota pada khususnya, dan masyarakat pada umumnya, serta menjadikan masyarakat Sumedang adil dan makmur berdasar Pancasila dan UUD 45,” tukasnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumedang Wowo Sutisna beserta jajaran, para pengurus DKM dan pengurus Koperasi Syariah Masjid Besar se Kabupaten Sumedang.

Penyerahan hibah komputer dan printer secara simbolis dilakukan oleh Bupati Sumedang kepada DKM Masjid Besar Kecamatan Situraja, Kecamatan Tanjungsari, dan Kecamatan Sumedang Utara. (Abas)

Categories: Regional