Mengikuti Seminar Literasi 2019 “Budaya Literasi Penyokong Indonesia di Era Industri 4.0”

SUMEDANG, eljabar.com — Budaya Literasi menjadi salah satu kunci utama dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dimana hal tersebut mampu dijadikan sebagai jalan untuk mengembangkan diri dengan menambah pengetahuan melalui kegiatan membaca, menulis dan berhitung.

Selaras untuk mencapai tujuan tersebut, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Protokol Bumi Siliwangi Satuan Sumedang Darul Larang Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan Seminar Nasional “Kebudayaan Literasi Penyongkong Indonesia di Era Industri 4.0”.

Rabu (13/11/2019), Sekretaris Daerah Herman Suryatman membuka Kegiatan Seminar Literasi “Budaya Literasi Penyokong Indonesia di Era Industri 4.0” bertempat di Aula Tampomas dan dihadiri oleh Asisten Hukum Deputi Bidang Kajian dan Materi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Puji Nur Firman, M.H, Direktur UPI Sumedang Prof. Dr. Herman Subarjah, Wakil Direktur UPI Sumedang, Dosen PGSD, Dosen PGSD Penjas, dan diikuti oleh mahasiswa, guru dan dosen dari dari dua Universitas yang ada di Kabupaten Sumedang.

Dalam laporannya Koordinator Protokol Bumi Siliwangu Saruan Sumedang Darul Larang, Hariri Sofa Wijaya menyebutkan Seminar literasi ini diikuti oleh 350 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa, guru, dan dosen dan mengambil tema yang kami angkat adalah “Budaya Literasi Penyokong Indonesia di Era Industri 4.0”.

“Berkaitan dengan tema tersebut kami menghadirkan 4 narasumber yaitu dari Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang Diwakili oleh Kepala Balai Bahasa Jawa Barat, Asisten Hukum Deputi Bidang Kajian dan Materi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, Guru Besar Ilmu Komunikasi Organisasi, dan Pakar Literasi,” ujar Hariri.

Hariri menambahkan Seminar literasi ini dapat terselenggara berkat bantuan dari berbagai pihak dan megucapkan terima kasih kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga RI , Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Badan Pembinaan Ideologi Pancasla RI serta rekan-rekan pantia semua yang telah berpartisipasi pada kegiatan seminar ini.

“Semoga kita mendapatkan manfaat yang besar dari kegiatan ini sehingga mampu memberikan perubahan dan menjadikan sosok pemuda dan masyarakat yang paham literasi. Kami mengucapkan Selamat Mengikuti Seminar Literasi 2019 “Budaya Literasi Penyokong Indonesia di Era Industri 4.0”,” ujarnya.

Sementara itu Direktur Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang Dr. Herman Subarjah M, Si dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadapProbumsil Sumedang Larang atas terselenggaranya Seminar Literasi ini.

“Seminar ini merupakan salah satu bentuk kegiatan untuk meningkatkan kesadaran akan budaya literasi menuju masyarakat yang literan di era milenial dan budaya literasi penting untuk mengubah cara berpikir masyarakat guna menciptakan masyarakat yang penuh inovasi,” ungkapnya.

Sekda mengatakan Terkait dengan literasi diketahui bersama bahwa bangsa yang maju adalah bangsa bangsa yang literan diantaranya negara-negara di skandinavia, denmark norwegia islandia dan negara-negara negara lain.

“Bangsa kita adalah negara berkembang yang sedang berbenah menjadi negara maju. Dan sebagai warga negara indonesia dan khususnya di kabupaten sumedang, kita harus meningkatkan kesadaran literasi sehingga menjadi bangsa yang literan,” ungkapnya.

Dikatakan Sekda lebih lanjut, kunci dari masyarakat yang literan yaitu masyarakat yang maju dan bahagia.

“Di era 4.0 teknologi menjadi semakin canggih maju dan berkembang sehingga teknologi mampu mengalahkan perusahaan besar, contohnya di Indonesia perusahaan gojek bernilai 10x lipat dari perusahaan besar seperti Garuda Indonesia di mata investor, dan di era 4.0 manusia yang lincah dan berinovasi yang akan mengalahkan era 4.0,” katanya.

Sekda berharap para peserta Seminar mampu mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga generasi penerus bangsa dan semua bisa diwujudkan oleh para generasi penerus sehingga bisa menjadi bangsa yang besar.

Pada kesempatan tersebut dilakukan pula Pemberian cenderamata dari Direktur UPI Sumedang kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang. (Abas)

Categories: Pendidikan