Jajaki Kerjasama, UNHAN Laksanakan Capacity Building ke Madrid-Spanyol

SPANYOL, eljabar.com — Universitas Pertahanan (Unhan) melaksanakan capacity building untuk jajaki program kerjasama dan pertukaran dosen antara Universitas Pertahanan (Unhan) dengan Universitas Pontificia de Comillas, Madrid-Spanyol.

Tim Unhan dipimpin oleh Dekan Fakuktas Keamanan Nasional Unhan Laksda TNI Dr. Siswo Hadi Sumantri, S.T., M.MT memulai kunjungan di Madrid pada tanggal 12 November 2019.

Turut serta sebagai anggota tim adalah Sesprodi Damai dan Resolusi Konflik Kolonel Laut (E) Agus Adriyanto, S.T., M.M dan Sesprodi Manajemen Bencana FKN Unhan Kol Kes Dr. IDK Kerta Widana, SKM., MKKK. Kunjungan resmi ke Universitas Pontificia de Comillas dilaksanakan pada tanggal 13 November 2019.

Kedatangan Tim Unhan disambut hangat oleh Prof. Emilio Saenz Frances San Baldomero, Ph.D. dan  Assistant Prof. Javier Gil Perez bersama staf Fakultas Humanities and Social Sciences.

Pada kegiatan tesebut Dekan FKN memaparkan video Profil Unhan dan rencana program kerjasama serta pertukaran dosen antara Unhan dengan Universitas Pontificia de Comillas. Selanjutnya pada sesi sambutan dari Universitas Pontificia de Comillas, Prof. Emilio S. Frances juga memaparkan profil Universitas serta  model kerjasama yang dapat diprogramkan bersama Unhan.

“Sebagai salah satu Universitas unggulan nomor tiga di Spanyol, Universitas Pontificia de Comillas memiliki salah satu program studi yang mendalami bidang perdamaian dan konflik di dunia,” tandasnya.

Salah satu Profesor dari universitas ini sering menjadi pembicara (narasumber) pada kegiatan-kegiatan ilmiah di tingkat internasional, termasuk di  Indonesia. Hal ini sejalan dengan Unhan yang juga memiliki salah satu program studi Damai dan Resolusi Konflik (DRK)  yang menjadi salah satu Prodi di FKN Unham yang sangat banyak diminati.

Dari kunjungan ini baik Unhan maupun Universitas Pontificia de Comillas sangat tertarik untuk bekerjasama dan mengharapkan kerjasama yang akan dibangun, juga sepakat untuk dapat ditindaklanjuti untuk bidang pertukaran dosen, mahasiswa, kuliah umum, seminar bersama, publikasi ilmiah, serta Penelitian.  Dalam waktu dekat diharapkan ada pembahasan mengenai poin-poin kerjasama yang lebih rinci.

“Bagi Unhan yang sudah menjalin kerjasama internasional dengan berbagai Perguruan Tinggi di dunia,  hal ini juga dalam rangka mewujudkan visi dan misi Unhan yaitu pada 2024  menjadi Perguruan Tinggi berstandar Internasional (World Class Defense University),” paparnya.

Selain melaksanakan kunjungan ke Universitas Peduficia de Comillas, Tim Unhan juga melaksanakan kunjungan ke Kedutaan Besar Spanyol, serta Atase Pertahanan RI di Spanyol.  Salam Bela Negara (IDK). (Abas)

Categories: Pendidikan