Maulid Nabi Muhammad SAW di Kodim 0610/Sumedang: Rabi’ul Awal, Bulan Mulia Bagi Kaum Muslimin

SUMEDANG, eljabar.com — Ratusan Personil Kodim 0610/Sumedang diantaranya TNI, Pegawai Negri Sipil (PNS) beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXI memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan tema “Dengan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1441 H/ 2019 M kita implementasikan akhlak mulia dalam kehidupan sehari hari guna mewujudkan Prajurit dan PNS TNI AD Profesional kebanggaan Rakyat” bertempat di Mesjid At taqwa Makodim 0610/Sumedang, Kamis (14/11/2019).

Kegiatan ini diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Sertu Sarif hidayat dan dilanjutkan sambutan dari Dandim 0610/Sumedang Letkol Arh Novianto Firmansyah S.E.,M.Tr(Han) yang diwakili Kasdim 0610/Sumedang Mayor Inf Anang pramudyanto S.Sos mengatakan, “Bulan Rabi’ul Awal merupakan bulan yang sangat mulia bagi kaum muslimin. Sebab pada bulan ini terlahir seorang yang sangat dibanggakan dan dicintai oleh umat Islam di seluruh dunia tepatnya tanggal 12 Rabiul Awal, yakni Rasulullah Muhammad SAW,” jelasnya.

“Tujuan dari memperingati atau merayakan maulid Nabi ini adalah untuk menanamkan bibit-bibit cinta di hati kita kepada Nabi Muhammad SAW, membangkitkan kembali semangat dalam melaksanakan segala perintah dan menjauhi semua larangannya, serta mengambil hikmah untuk meneladani akhlak Rosululloh yang sidiq, jujur, dipercaya, tabligh, cerdas dan intelektual,” tambah Anang.

Sementara itu, dalam tausiyahnya Ustaz K.H. Drs Dadang Nurkholis menyampaikan, Nabi Muhammad SAW sebagai sosok yang cerdas, sehingga wajib dijadikan suri tauladan terbaik bagi manusia yang menginginkan ridhonya, hendaknya kita sebagai umat islam harus mampu meneladani beliau sebagai Rosul pembawa ajaran Agama Islam di muka bumi.

“Hidup manusia di dunia itu hanya sebentar saja, sedangkan kehidupan di akhirat selama-lamanya, dengan demikian dapat diartikan bahwa kehidupan yang sebentar tersebut sangat menentukan pada kehidupan di akhirat nantinya,” tuturnya.

Manusia selalu diarahkan pada kebenaran untuk mampu mencontoh sikap, perilaku dan tindak tanduk Rosulullah sebagai khalifah pemimpin umat Islam, khususnya dalam hal menghormati antar sesama agama dalam tali ukuwah islamiyah yang merupakan wujud maupun sikap dalam menjaga kerukunan antar umat beragama.

”Perbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad SAW,” pesan Ustadz. (Abas)

Categories: TNI / POLRI