HUT Ke-58, Wabup Ajak Pramuka Menjadi Garda Terdepan Promosikan Wisata di Kabupaten Sumedang

SUMEDANG, eljabar.com — Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan memimpin upacara peringatan Hari Pramuka Ke-58 tingkat Kabupaten Sumedang yang dilaksanakan di lapangan Upacara IPP Setda Kabupaten Sumedang, Minggu pagi (24/11/2019).

Tamu undangan dan anggota Pramuka mulai dari tingkat Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega dan perwakilan Gerakan Pramuka Sumedang yang tersebar di 26 kwartir hadir mengikuti HUT Pramuka ke 58 yang mengambil tema “Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI”.

Upacara peringatan hari Pramuka diawali dengan pelantikan Dewan Kehormatan dan Pusdiklatcab Sumedang serta penganugerahan tanda penghargaan Gerakan Pramuka oleh wakil Bupati Sumedang.

Selain itu, upacara dimeriahkan dengan penampilan angklung dari SMP IT Insan Sejahtera, atraksi Kolaborasi Tongkat, senam dan simapur dari Kwartir Ranting Kecamatan Cimalaka serta paduan suara dari SMP Negeri 2 Sumedang.

Selaku pembina Upacara, Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan yang juga menjabat Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sumedang menyampaikan, Gerakan Pramuka adalah gerakan pendidikan kepanduan Praja Muda Karana yang mendidik dan membina kaum muda Indonesia guna mengembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Ia mengatakan, salah satu unsur pemuda tulang pungung negara di masa depan adalah pramuka dan para pelajar.

Menurutnya, maju mundurnya pembangunan bangsa dalam berbagai aspek terlebih di era globalisasi saat ini sangat tergantung dari peran aktif kaum muda khususnya Pramuka dan para pelajar.

“Dalam mendukung upaya pemerintah di era globalisasi saat ini, peran aktif generasi muda khususnya Pramuka sangatlah diperlukan baik dalam bidang teknologi, ekonomi, seni maupun olahraga sehingga mencapai prestasi yang tidak hanya bisa membanggakan dirinya sendiri keluarga dan masyarakat, tetapi juga bangsa dan negara,” ujar Wabup.

Selain itu, kata Wabup, diperlukan kematangan kepribadian sikap dan perilaku yang meliputi kejujuran, kedisiplinan, kepatuhan terhadap aturan dan daya juang yang tinggi. Ia pun mengharapkan para anggota Pramuka harus menjadi contoh keteladanan dalam menerapkan kedisiplinan.

“Kepada kakak-kakak pembina kedispilinan harus menjadi contoh dan teladan bagi yang lainnya. Saya berikan contoh, saat mendengarkan atau menyanyikan Indonesia Raya semua harus dalam keadaan sikap sempurna, tidak ada yang istirahat di tempat, duduk atau santai,” kata wabup.

Ditambahkan Wabup, kaitan dengan program Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang di bidang pariwisata. Pada 26 September 2019 yang lalu, Menteri Pariwisata telah mencanangkan Kabupaten Sumedang sebagai kota pariwisata Indonesia.

Pada tahun ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang tengah fokus membangun infrastruktur tempat wisata di Kabupaten Sumedang.

Ia pun telah menugaskan seluruh SKPD menjadi “duta pariwisata” dalam mempromosikan wisata di Sumedang.

“Mari kita jadikan setiap jengkal tanah yang ada di Sumedang ini menjadi destinasi wisata. Untuk itu, seluruh warga masyarakat Sumedang merupakan ‘duta-duta wisata’, termasuk jajaran SKPD-nya,” tuturnya.

Di akhir sambutannya, Ia pun mengajak kepada seluruh masyarakat Sumedang khususnya seluruh anggota Pramuka agar dapat menjadi menjadi garda terdepan dalam mempromosikan wisata di Kabupaten Sumedang.

“Saya juga selaku Ketua Kwarcab Sumedang menugaskan agar seluruh anggota Gerakan Pramuka Kabupaten Sumedang dapat menjadi duta dan pemandu wisata Sumedang sehingga ketika ada tamu dari luar daerah maupun mancanegara kita siap menunjukan kepada mereka mana saja tujuan wisata di Sumedang,” pungkasnya. (Abas)

Categories: Pendidikan