Eselon III dan IV Dihapus, Wamen dan Stafsus Diangkat ‘Gendut Keatas’?

KAB. BANDUNG, elbajar.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana menghapus jabatan struktural Eselon III dan IV, menuai beragam tanggapan dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Seorang PNS yang enggan disebutkan identitasnya, Senin yang baru lalu menjelaskan, “Jika Eselon III dan IV dihapus, hanya menghilangkan uang jabatan Eselon III dan IV lalu mengangkan Wamen (Wakil Menteri, red) akan menambah pengeluaran uang negara untuk menggaji dan tunjangan mereka pula. Apakah laporan kinerja Dirjen dan Irjen melalui Wamen atau Menteri?,” ujar sumber tersebut.

“Terlebih lagi baru-baru ini ada 12 staf khusus (Stafsus) Presiden dengan sendirinya negara akan mengeluarkan dana besar perbulan, bisa mencapai miliaran rupiah guna menggaji ke 12 orang stafsus tersebut,” ucapnya lagi.

Hal senada disampaikan sumber berbeda, penghapusan Eselon III dan IV jika dipandang untuk mengurangi beban keuangan negara itu bagus. Namun sayang adanya, pengangkatan Wamen dan Stafsus rasanya “gendut keatas” dan kecil kebawah, tapi sudahlah mau diapakan lagi, saya segera pensiun. Semoga adil dan makmur bagi rakyat Indonesia terwujud bukan hanya slogan saja…!

*A56

Categories: Nasional

Tags: ,,,,