Tia Darti dan Een Jadi Motivator, 25 Tim Kecamatan Sepak Bola Wanita Berebut Piala Wakil Bupati Sumedang Ke-II

SUMEDANG, eljabar.com — Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan membuka secara resmi Turnamen Sepakbola Wanita antar kecamatan piala Wakil Bupati Sumedang ke-II Tahun 2019, di Stadion Ahmad Yani Sumedang, Selasa (26/11/2019).

Turnamen sepakbola wanita yang terselenggara atas kerjasama Askab PSSI Kabupaten Sumedang dan Perwosi ini akan dilaksanakan selama satu bulan mulai dari tanggal 26 November hingga tanggal 26 Desember 2019 mendatang.

Ketua Askab PSSI Kabupaten Sumedang Mulya Suryadi menyampaikan, bahwa penyelenggaraan turnamen pada tahun ini mendapatkan respon yang sangat positif dari para peserta, hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah peserta yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan tahun lalu yang sebelumnya hanya diikuti 8 kecamatan kini diikuti 25 kecamatan.

Dikatakan Mulya, turnamen ini dilaksanakan secara berkelanjutan dan menjadi agenda rutin tahunan. Adapun Rata usia peserta sepakbola wanita berusia 17 dengan batas usia maksimal berusia 21 tahun, hal itu dilakukan untuk menjaring bibit bibit pemain sepakbola wanita di Kabupaten Sumedang.

Ia juga menjelaskan, turnamen sepakbola tersebut menggunakan sistem 1/2 kompetisi. Selanjutnya setelah memasuki 8 besar dan final akan menggunakan sistem gugur.

Sementara itu, Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan menyampaikan, turnamen sepakbola wanita bukan semata-mata untuk hiburan tetapi untuk mencari bibit-bibit pemain sepakbola wanita di Kabupaten Sumedang. Karena tidak menutup kemungkinan sepakbola juga akan menjadikan profesi sebagai mata pencaharian kedepan.

Dikatakan wabup, Sumedang patut merasa bangga karena beberapa pemain pemain sepakbola putri di Kabupaten Sumedang bisa tampil di kancah nasional bahkan internasional. Seperti dua orang pemain putri Persib Bandung asal Sumedang yaitu Tia Darti dan Teh Een.

“Saat ini telah hadir 2 orang pemain persib asal Sumedang yaitu Tia Darti asal Rancakalong dan Een asal Paseh, mereka akan bertanding pada bulan Desember mendatang untuk mengikuti Pra PON di Papua sementara di Persib Bandung mereka akan bertanding pada hari minggu,” ujarnya.

Ia mengharapkan, melalui kehadiran dua orang pemain persib wanita asal Sumedang pada kompetisi tersebut bisa memberikan dorongan dan motivasi bagi para peserta untuk berprestasi dan mencetak bibit bibit pemain wanita potensial yang akan mengharumkan Kabupaten Sumedang.

“Semoga kehadiran mereka bisa menjadi motivasi bagi para peserta kompetisi sehingga akan muncul semakin banyak lagi Tia Darti dan Een berikutnya di Kabupaten Sumedang,” kata wabup.

Diakhir sambutannya Wabup kemudian mengajak warga masyarakat Sumedang untuk membangkitkan kembali kejayaan prestasi sepakbola wanita di Sumedang pernah ditorehkan Sekaligus berpesan untuk selalu menjunjung tinggi sportifitas dan persaudaraan.

“Semoga persepakbolaan wanita di Kabupaten Sumedang semakin maju, selanjutnya saya berpesan kepada pemaian untuk tetap junjung tinggi sportifitas. Walaupun kemenangan yang dituju tetapi tetap persaudaraan dan keselamatan pemain adalah yang lebih utama,” pungkasnya. (Abas)

Categories: Olahraga

Tags: ,,