Bupati Sumedang Lepas Keberangkatan 33 Jemaah Umroh Plus KBIH Bina Insan

SUMEDANG, eljabar.com — Sebanyak 33 orang jemaah umroh plus Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Bina Insan dilepas keberangkatannya oleh Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir di Masjid Agung Sumedang, Sabtu (30/11/2019).

Pimpinan KBIH Bina Insan KH. R.M. Anwar Sanusi dalam laporannya mengaku senang karena baru pertama kali pelepasan jemaah umroh Bina Insan dilepas langsung oleh Bupati.

“Luar biasa bapak ibu kita bersyukur kepada Allah SWT. Mudah-mudahan perjalanannya ada dalam kelancaran dan kemabruran. Nanti perjalanan pulang ke Indonesia dalam keadaan selamat sehat wal’afiat,” ungkapnya.

Ia menjelasakan bahwa dalam periode ini tidak banyak yang berangkat karena biayanya cukup besar. Lamanya pelaksanaan umroh 14 hari. dengan rute Indonesia-Mesir-Mekah-Madinah-Jedah.

“Jadi (sekarang ini sedang) besar biayanya. Mudah- mudahan apa yang dikeluarkan oleh bapak ibu dapat imbalan pahala dari Allah SWT,” ujarnya.

Ia menerangkan jumlah jemaah yang berangkat ada 33 orang, terdiri dari jemaah asal Sumedang 26 orang dan dari Bandung 7 orang.

“Insyaalloh bulan Januari 2020 akan berangkat lagi 90 orang jemaah. Doakan Pak bupati di Mekah, mudah- mudahan dalam memimpin Kabupaten Sumedang diberikan kekuatan, kesehatan, keselamatan, kesuksesan dan Sumedang makin maju,” pungkasnya.

Bupati Sumedang H Dony Ahmad Ahmad Munir dalam sambutannya berterima kasih kepada KBIH Bina Insan yang sudah menjadi salah satu kelompok bimbingan ibadah haji dan umroh yang sudah memberikan pelayanan terbaik kepada para jamaah.

“Mudah-mudahan terus maju dan hadir memberikan yang terbaik untuk melayani ibadah para jamaah di Kabupaten Sumedang di tanah suci,” ucapnya.

Bupati pun turut mendoakan para calon jemaah yang mendapat panggilan umroh dari Alloh SWT agar diberi keselamatan.

“Mudah-mudahan dalam menjalankan ibadahnya ada dalam kesehatan, keselamatan, dan kelancaran. Dari Sumedang menuju Mekah selamat, pulang lagi ke Sumedang dalam keadaan sehat dan selamat,” harapnya.

Bupati mengingatkan jemaah agar selalu bersyukur dalam setiap keadaan karena bisa umroh ke baitulloh, bahkan 14 hari pelaksanaannya.

“Manfaatkan sebaik-baiknya mumpung masih diberikan kesempatan sehat dan rizki. Optimalkan betul ibadahnya yang khusyu, betul-betul dan fokus,” katanya.

Ia memberikan saran kepada jamaah agar mempunyai rencana dan target selama beribadah umroh. Apa saja yang akan dilakukan selama berada di Mekah.

“Contohnya target 14 hari harus khatam Al- Quran, di Mekah 1 kali, di Madinah 1 kali, khatam baca Al- Qurannya di Masjid. Jadi harus ada target. Kalau kita mempunyai target akan bersungguh-sungguh dalam menjalankannya,” tegasnya.

Terakhir bupati meminta kepada para jamaah, agar mendoakan dirinya supaya diberi kesehatan, kekuatan lahirbathin, diselamatkan, diberi kelancaran dan dijauhkan dari fitnah dunia dan akhirat.

“Titip do’a buat saya dan buat masyarakat dan kemajuan Sumedang, karena doa bapak ibu yang akan berziarah akan dikabul oleh Allah SWT,” pintanya. (Abas)

Categories: Regional