Ribuan Pemotor Padati Alun-alun Ikuti “Bikers Day, Hayu ka Sumedang”

SUMEDANG, eljabar.com — Ribuan pemotor dari berbagai daerah di Jawa Barat, Sabtu (30/11/2019), berkumpul di seputaran Alun-alun Sumedang dalam acara Sumedang “Bikers Day, Hayu ka Sumedang” yang digelar sejak pukul 14.00 WIB sampai malam hari.

Mereka hadir dari berbagai klub dan komunitas dengan memakai sepeda motor dari aneka jenis, merek, tahun keluaran, dan CC yang berbeda.

Dilaporkan Kabid Pariwisata pada Disparbudpora Eli Suliasih, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk upaya peningkatan antara Pemda kabupaten Sumedang dengan komunitas motor dalam pelaksanaan promosi daya tarik wisata Kabupaten Sumedang.

“Harapannya, pasca pelaksanaan kegiatan ini dapat meningkatkan frekuensi promosi daerah baik secara kualitas maupun kuantitas yang berdampak positif terhadap peningkatan kunjungan wisata dan lebih jauh lagi terhadap peningkatan perekonomian masyarakat,” terangnya.

Kegiatan tersebut, lanjut Eli, tidak hanya diikuti klub atau komunitas motor asal Sumedang, tetapi juga dari 108 klub motor yang ada di Jawa Barat dengan jumlah peserta mencapai 2.024 orang, “Menurut catatan registrasi kami, ada yang datang dari Bandung, Garut, majalengka, Bekasi, Rengasdengklok, Purwakarta, dan lainnya,” kata Eli.

Para peserta juga diiutsertakan dalam lomba membuat konten destinasi wisata Sumedang di media sosial. “Para peserta dibagi CD potensi dan daya tarik wisata yang ada di Sumedang untuk dipublikasikan di media sosial masing-masing. Konten yang menarik akan mendapatkan hadiah,” masih kata Eli.

Sementara itu, pengurus Bikers Sumedang, Rizal, Sumedang Bikers Day merupakan ajang mempersatukan seluruh klub dan komunitas motor yang ada di Sumedang dalam wadah yang sama,“Kita ingin maju bersama. Tidak ada salah satu dari kita yang menonjol sendiri atau mengesampingkan yang lainnya,” ujarnya.

Latar belakang berdirinya Bikers Sumedang, lanjut Rizal, awalnya dari kegiatan-kegiatan sosial yang digelar oleh masing-masing klub dan komunitas motor yang dilakukan secara terpisah sehingga muncul gagasan agar kegiatan tersebut disatukan pelaksanannya.

“Agar kegiatan tersebut lebih besar dan lebih mempererat persaudaraan antar sesama bikers,  kami pun berkumpul dalam wadah yang dinamakan Bikers Sumedang,” ucapnya.

Bikers Sumedang sudah mempunyai kegiatan rutin diantaranya bakti sosial di Bulan Ramadan berupa penyerahan bantuan ke pesantren, masjid, dan anak-anak yatim piatu, “Kami juga menggelar kegiatan yang sifatnya kondisional seperti membantu korban bencana longsor atau kebakaran yang terjadi beberapa waktu lalu,” imbuhnya.

Bupati H Dony Ahmad Munir yang juga hadir dalam malam kesempatan tersebut menyebutkan bahwa kegiatan tersebut adalah wahana silaturahmi yang bisa mengikat dan merekatkan sesama para bikers.

“Saya ucapkan terima kasih kepada penyelenggara yang menjadikan kegiatan ini sebagai alat pemersatu bagi para pbiker yang ada di Kabupaten Sumedang, khususnya,” kata bupati.

Di samping itu, menurut bupati, kegiatan tersebut juga menjadi wahana untuk menyalurkan hobi sehingga dapat berbagi ide dan pengalaman sebagai bikers.

“Ini adalah kesempatan untuk mengaktualisasikan potensi kreatifitas yang dimiliki untuk dicurahkan,” imbuhnya.

Dikatakan bupati, bersatunya para bikers adalah kekuatan yang luar biasa sebagai modal untuk membangun daerah khususnya dalam mempromosikan wisata yang ada.

“Kemajuan butuh kekompakan. Semuanya harus kompak dalam mewujudkan Sumedang sebagai kota wisata. Mulai dari bupatinya, kepala dinasnya, apratnya, sampai masyarakatnya menjadi agen-agen wisata,” ajak bupati.

Acara tersebut diisi pula dengan city tour, penampilan musik etnik dan tari dari Ismaya Production, serta pembagian doorprize bagi peserta. Di akhir acara diumumkan pemenang pembuat konten destinasi wisata Sumedang yang diraih oleh klub motor YRKS. (Abas)

Categories: Kronik