Pemkab Sumedang Kembali Fungsikan Sabusu untuk Pariwisata dan Kebudayaan - El Jabar

Pemkab Sumedang Kembali Fungsikan Sabusu untuk Pariwisata dan Kebudayaan

SUMEDANG, eljabar.com — Setelah sempat dialihfungsikan menjadi tempat komersil dan penyewaan tempat makan, Saung Budaya Sumedang (Sabusu) kini dikembalikan lagi ke fungsi semula menjadi tempat atau sumber informasi pariwisata dan kebudayaan di Sumedang.

Lokasi Sabusu yang berada di Jalan Nasional Bandung – Cirebon dan diapit oleh beberapa perguruan tinggi di Jatinangor, Sabusu menjadi tempat yang strategis dijadikan pusat pertunjukan budaya dan informasi pariwisata.

Pembina Yayasan Ibu Djati sebagai pengelola Sabusu yang baru, Den Ato mengatakan tujuan yayasan ini mengelola Sabusu karena rasa kepedulian terhadap wisata dan budaya di Sumedang khususnya di Jatinangor.

Tak seperti yayasan lain yang notabene meminta anggaran (sumbangan) lanjut, Den Ato, Yayasan Ibu Djati justru memberikan anggaran kepada pemerintah dan masyarakat. Bahkan, tak hanya sekedar merehab dan mengembalikan fungsi Sabusu ke semula, namun Yayasan Ibu Djati juga memberikan ambulance untuk digunakan warga di sekitar Sabusu.

“Kalau masalah anggaran berapa untuk merehab Sabusu, itu memang besar tapi bukan jadi permasalahan. Kami swadaya dengan anggota, pihak swasta dan donatur lain. Alhamdulillah renovasi Sabusu berjalan dengan lancar,” katanya.

Sementara itu, Kepala Disbudparpora Kabupaten Sumedang Harry Tri Santosa mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi sekali upaya Yayasan Ibu Djati dan Yayasan Gelap Nawang Nusantara yang mau mengelola dan mengembalikan fungsi Sabusu seperti semula.

“Dulu kan dikelola oleh Pagerdjati, memang sempat dialihfungsikan menjadi tempat niaga. Namun, sekarang Sabusu sudah direhab total dan akan menjadi pusat budaya pertunjukan dan sumber informasi pariwisata di Sumedang,” katanya.

Seperti diketahui kegiatan Launching Sabusu Kiwari ini dihadiri Ketua Rukun Warga Sumedang (RWS), Iwa kuswaeri. Perwakilan dari Kementrian Lingkungan Hidup BPDAS Citarum Ciliwung Taruna Jaya, Ketua Yayasan Pangeran Sumedang Dedi Kusnaedi, Ketua Yayasan Tembong Agung, Ade Gozali. Kadis Budparpora, Muspika Jatinangor dan para kades se Jatinangor. (Abas)

Categories: Pemerintahan